Lihat ke Halaman Asli

Kepentingan Korporasi dalam Media Massa

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KEPENTINGAN KORPORASI DALAM MEDIA MASSA

1.Pendahuluan

Ada kecenderungan saat ini kepemilikan media massa lebih banyak dimiliki oleh orang-orang yang berorintasi pada kepentingan politik dan bisnis (ekonomi) semata. Sehingga muncul kekhawatiran media massa cenderung lebih digunakan untuk kepentingan bisnis dan politis pemilik serta kelompoknya yang seringkali berafiliasi dengan partai atau elit politik tertentu. Keadaan tersebut dikhawatirkan membuat media melupakan fungsinya utamanya untuk dapat memenuhi kepentingan informasi dan edukasi bagi masyarakat.

Saat ini ada beberapa media nasional yang dimiliki oleh korporasi yang terjun kedunia politik maupun berafiliasi pada partai politik tertentu:

No

MEDIA MASSA

PEMILIK

Afiliasi Partai Pemiliknya

Televisi Nasional/ Prabayar

Internet

Surat Kabar dan lainya

1

Metro TV

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline