Lihat ke Halaman Asli

Kamajaya Scholarship, Alumni Berbakti dengan Berbagi

Diperbarui: 16 Maret 2018   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto oleh Berliana Anggit

Sejak didirikan pada 27 September 1965, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) telah meluluskan lebih dari 40.000 mahasiswa yang diantaranya tergabung dalam Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Kamajaya). Kamajaya sendiri juga memiliki tujuan, salah satunya adalah untuk melanjutkan cita-cita Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tahun 2017 silam, Kamajaya berusaha melanjutkan cita-cita almamater tercinta dengan berbakti kepada mereka melalui program Kamajaya Scholarsip — Alumni Berbakti.

Setiap semester banyak mahasiswa/i Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang terancam tidak dapat melanjutkan studinya karena terkendala biaya. Hal ini menyita sorotan dari Kamajaya. Sehingga dengan didasari bakti mereka sebagai alumni untuk berbagi kepada adik-adiknya, Kamajaya membuat sebuah program beasiswa pendidikan dengan nama Kamajaya Scholarship.

Mengadopsi dari visi UAJY, visi dari Kamajaya Scholarship adalah “Menjadi komunitas pemberi dan penerima beasiswa Kamajaya yang berjiwa unggul, inklusif, dan humanis, serta mampu memberi kontribusi yang nyata kepada nusa dan bangsa melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran”. Kamajaya Scholarship juga mengembangkan empat nilai yaitu, option for the poor, caring for others, pay it forward,dan the power of small.

Pada kelas mata kuliah Penulisan Naskah Digital (15/3) telah hadir R. Maryatmo selaku ketua Kamajaya, Hadi Santoso selaku Sekretaris Kamajaya yang bergabung melalui teleconference dari Selandia Baru, dan Tamara Gustila selaku awardee Kamajaya Scholarship yang menjelaskan lebih lanjut terkait Kamajaya Scholarship.

  • Bukan sekedar beasiswa

Kamajaya Scholarship ditujukan bagi mahasiswa/i berprestasi yang kurang mampu namun memiliki kemampuan akademis yang baik (option for the poor) dengan harapan agar mereka terus berjuang dan juga memiliki semangat berbakti nantinya. Maryatmo menjelaskan, "Kami selaku alumni memiliki angan-angan agar adik-adik kami harus mampu menjadi seorang pejuang dan survive dalam kehidupan."

Pada gelombang pertama seleksi penerima Kamajaya Scholarship, terdapat 6 orang mahasiswa UAJY dari berbagai fakultas yang lolos kualifikasi dan berhak menerima beasiswa ini. Tamara mengungkapkan rasa syukurnya karena menjadi salah satu dari 6 orang yang berkesempatan menerima beasiswa ini. "Karena salah satu syarat beasiswa ini adalah memiliki IPK 3.0, Saya menjadi termotivasi untuk terus mempertahankan nilai-nilai saya", ujar mahasiswi Program Studi Manajemen angkatan 2015 ini.

Program ini tidak hanya memberikan beasiswa berupa uang tunai selama 8 semester, namun juga pembinaan karakter, networking alumni, informasi terkait kesempatan di masa depan, serta pendampingan rohani dalam bentuk bimbingan dan konseling. Mahasiswa penerima beasiswa harus aktif terlibat dalam kegiatan KAMAJAYA dalam melayani sesama sesuai dengan talenta masing-masing (caring for others). Kamajaya mengharapkan para awardee mampu mengembangkan karakter serta kompetensinya salah satunya juga melalui dua program yang dilaksanakan sebelumnya (Career Center dan Business Club).

  • Beasiswa abadi

Alumni dari program ini akan terus berkembang bersama Kamajaya serta menjadi donatur bagi adik-adik penerima beasiswa di masa mendatang. Hadi juga mengimbuhkan bahwa sistem dari Kamajaya Scholarship adalah 'Pay it forward' di mana penerima beasiswa saat ini nantinya akan  'mengembalikan' biaya kuliah mereka turut membantu biaya pendidikan mahasiswa UAJY yang membutuhkan di masa mendatang. "Sesuai dengan misi kami, alumni dari program ini terus berkembang menjadi donatur bagi adik-adik penerima Beasiswa Kamajaya selanjutnya. Sebab itulah, beasiswa ini adalah beasiswa abadi. Dengan sistem ini, kami berharap akan terus ada keberlanjutan dari Kamajaya Scholarship", tuturnya.

  • Adil tidak berarti sama rata

Karena dana yang dimiliki Kamajaya Scholarship masih terbatas, Kamajaya berfokus pada pemenuhan kebutuhan masing-masing individu agar mendapatkan kesempatan yang sama. "Adil 'kan bukan berarti sama rata sama rasa. Kami ingin agar semua anak mendapatkan akses yang sama dengan cara memenuhi apa yang menjadi kebutuhan mereka masing-masing", ujar Maryatmo.

Kamajaya juga membuka donasi bagi alumni UAJY maupun siapa saja yang bersama-sama ingin membantu mereka yang membutuhkan beasiswa ini. Nilai donasi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dan dapat bersifat pribadi maupun institusi (dalam bentuk CSR). Donatur Kamajaya Scholarship bersifat sukarela karena Kamajaya sendiri mengusung prinsip 'the power of small' di mana donasi diakumulasikan melalui sistem 'urunan' baik rutin maupun non-rutin.

Dana pengelolaan beasiswa dapat dipantau melalui laporan keuangan di situs resmi Kamajaya dan dengan mengakses ASOKA (Aplikasi Scholarship Kamajaya). ASOKA merupakan perwujudan komitmen dari Pengurus Kamajaya Scholarship untuk pengelolaan beasiswa yang transparan, accountable dan dapat dipertanggungjawabkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline