Lihat ke Halaman Asli

2115 Kania Ryana

seorang Mahasiswa

MV India Kini Berkembang Pesat (Sanam Teri Kasam)

Diperbarui: 24 Oktober 2022   23:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Sanam Teri Kasam yang artinya ini adalah janjiku padamu sayang, music video dari film berjudul Sanam Teri Kasam. Film ini sendiri bergendre romantic dan berasal dari negara India dan film ini  menceritakan seorang gadis yang banyak pria tidak tertarik karena penampilannya, sedangkan adiknya yang sudah punya calon memberikan waktu pada kakaknya 1 bulan untuk segera menikah. Dan pada akhirnya di suatu tragedi dia di pertemukan oleh seorang pria mantan narapidana. Dan karena banyak kejadian dan pertemuan akhirnya mereka saling jatuh cinta, tapi pada akhirnya Wanita itu tidak di restui oleh sang ayah dengan pria tersebut, lalu Wanita itu mengidap penyakit menigoma yang waktunya tidak lama lagi untuk hidup, akhirnya karena Wanita ini hanya punya waktu yang sedikit untuk hidup, mereka berdua menikah dengan restu sang ayah dan akhirnya tak lama Wanita itupun mati.

Ada banyak hal yang menarik dalam Video Musik Sanam Teri Kasam, karena di sini banyak membicarakan tentang budaya, adat juga tradisi dan kehidupan India modern tentunya.

Orang -- orang sudah mengenal perfilman dalam india itu pasti penuh dengan tari juga music, apapun itu gendrenya. Sudah menjadi marketing perfilman India dengan caranya memperkenalkan budaya dan tradisinya keseluruh dunia melalui film dan video musiknya, dan dalam seni Semiotika perfilman Bollywood ini sendiri memiliki tanda dengan adanya " menari dan lagu khas film tersebut" di setiap filmnya. Memang tidak semua soal menari tapi Bollywood berhasil mendapatkan icon khas dalam dunia perfilmannya itu sendiri. orang melihat atau mendengarnya saja sudah seperti suatu yang khas dan memiliki ciri khas itu sendiri, terutama pakaiannya.

 Dari segi wadrobe untuk video clip ini sendiri, pemeran utama pria, selalu menggunakan kemeja juga jeans dan jas karena mungkin india memiliki baju khas sendiri untuk para pria, tapi ini adalah india modern maka, sudah di anggap normal mereka berpakaian kemeja juga jeans dan Jas.

Dan untuk pakian Wanita yang biasa mereka sebut Saree, di video clip ini si Wanita menggunakan Saree berwarna kuning ( karena pemeluk hindu percaya jika di acara pernikahan menggunakan warna Kunig maka memeliki arti religious (Fimela, 2017) dan merah yang melambangkan baik untuk di hari pernikahan atau hari -- hari besar. ( karena di video ini si Wanita sedang mengikuti acara Pernikahan Adiknya. Juga ada corak sapi yang melambangkan Sapi sebagai hewan suci di India. ( dan menurut pandangan india itu sendiri, terutama sapi betina memiliki kepercayaan bahwa seperti lambang segala yang hidup. (Nadiatul Putri, 2019) makanya itu di india sapi sangat di angung -- agungkan )

Dan Artisitik yang di gunakan di sini banyak karena tempat yang di gunakan seperti ruangan bekas pementasan yang sudah lama tidak terpakai makanya banyak sekali sarang laba -- lama pada setiap benda dan sisi, juga pastinya berdebu, dan banyak mainaan yang sudah tidak terpakai dan terbengkalai, walaupun ruangan ini berantakan tapi seni estetik sangat bagus dan terkesan dramatic juga dengan adanya gambar -- gambar di dingding.

Karena video music ini memiliki unsur romantic maka setting yang di gunakan oleh sutradara hanya 2 aktor tersebut juga 2 burung merpati yang memiliki arti lambang kekasih dan kemistry yang mereka perankan sangat mengenai sebagai peran seorang pasangan, baik dari segi saling tatap, rase empaty seorang kekasih yang pada pasangannya. Juga sudah sebagai penonton mereka akan mendapatkan kesan romatis juga emosional yang mereka perankan sebagai actor. Juga karena si pria mantan narapidana si Sutradra memilih actor yang berbadan kekar, garang juga bertato dan dalam setting ini sudah sangat masuk dalam peran tersebut.

Dan masalah property pastinya walaupun terlihat sangat banyak dan ada barang yang kecil itu bisa mengubah setting ruangan dan emosi yang di dapatkan dalam ruangan itu sendiri, seperti perhiasan rambut, anting dan kalung yang di artis pakai sangat mempengaruhi gaya seseorang jika pergi ke suatu pesta  atau acara pernikahan. Dan untuk makeup para pemain khususnya Wanita menggunkan bindi sebagai ciri khas seorang Wanita India.

Dan dalam segi Camera juga Lighting ini sendiri, khusunya Ligting yang di gunakan banyak berfokus pada sang pemain karena ubtuk mendapatkan kesan romatis juga di sisi ruangan juga ada hiasan lighting tambahan sebagai property dan membuat seimbang antara property lighting juga lighting khusus para pemain, juga ada beberapa seperti pantulan sinar matari untuk memberi kesan siang dan cerah natural pada ruangan itu sendiri.

Dan sebagai cameraman banyak sekali angle Close Up untuk menceritakan juga memberikan kesan emosi dalam ekspresi sang pemain, dan banyak juga angle Extreme Close Up untuk memperjelas raut wajah sang pamain, di pandangan para penonton. Dan ada beberapa wide angle di ruangan itu dan memberikan kesan, estetik dan gerak gerik si pemain secara full body.

Fimela. (2017). warna dan lambang pada setiap arti pernikahan di india. Fimela.Com. https://www.fimela.com/lifestyle/read/3767050/arti-warna-warna-populer-yang-digunakan-dalam-acara-pernikahan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline