Lihat ke Halaman Asli

Diet? Sudah Tepatkah Konsep Diet Anda?

Diperbarui: 2 Januari 2018   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata "DIET"? Tidak makan? Olahraga ketat? Atau bahkan kegiatan-kegiatan menyiksa lainnya?

Jika anda masih memikirkan hal-hal tersebut, sangat disarankan untuk membaca artikel ini.

Diet sendiri memiliki arti Pengaturan Pola Makan. Maksud dari pengaturan tersebut tidak melulu mengenai pengurangan asupan makanan apalagi sampai tidak makan. Pengaturan pola makan ini menyangkut pada beragam aspek seperti jenis bahan makanan yang dikonsumsi, porsi makan, proses pemasakan dan waktu makan seseorang.

  • Jenis Bahan Makanan 

Bahan makanan dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Anda tentu sudah tau mengenai contoh bahan makanan berdasarkan jenisnya tersebut bukan? Sekedar untuk mengingatkan, sumber karbohidrat contohnya nasi, roti, mie. Sedangkan sumber protein dibagi menjadi dua jenis yaitu sumber protein hewani seperti ayam, daging, dan ikan serta sumber protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan. Sumber Lemak berkaitan dengan segala macam sumber protein baik hewani dan nabati serta minyak yang biasa digunakan dalam proses memasak. Terakhir, sumber vitamin dan mineral yaitu sayuran dan buah-buahan.

  • Porsi Makan

Porsi makan dalam diet tak selalu mengenai porsi yang sedikit. Seseorang yang berusaha menaikkan berat badan dengan menambah porsi makannya pun disebut dengan diet. Porsi makan biasanya diukur dengan satuan ukuran bahan makanan yang jelas, secara kualitatif biasanya dalam satuan gram atau secara semi-kualitatif dengan alat makan yang umum digunakan seperti satu centong, satu cangkir dan sebagainya

  • Proses Pemasakan

Proses memasak yang umum digunakan adalah merebus, menggoreng, menumis dan memanggang. Mengapa proses memasak juga termasuk dalam pengaturan pola makan? Mudahnya adalah seperti ini, jika anda ingin menurunkan berat badan tentu anda harus mengurangi konsumsi lemak. Lemak alami yang terkandung dalam makanan sumber protein tentu akan sulit dikontrol, oleh sebab itu salah satu cara untuk mengontrol asupan lemak adalah melalui proses memasak bahan makanan tersebut dengan memanggang daging atau merebusnya agar tidak terdapat akumulasi lemak yang ditambahkan dari penggunaan minyak goreng dalam makanan yang akan anda konsumsi.

  • Waktu Makan

Waktu makan juga merupakan hal yang menjadi perhatian saat mengatur pola makan seseorang dalam melakukan segala macam diet. Misalnya, seseorang harus menentukan frekuensi makannya dalam sehari kemudian menentukan kapan ia membutuhkan lebih banyak asupan dan kapan harus menguranginya sesuai dengan aktifitas yang ia lakukan. 

Anda mungkin bertanya, Jadi sebenarnya tidak salahkan jika seseorang yang berusaha menurunkan berat badannya disebut sedang melakukan diet? Jawabannya adalah TIDAK, karena ia pun pasti telah melakukan pengaturan pada pola makannya sedemikian rupa untuk mencapai berat badan yang diinginkan. Hanya saja disini saya berusaha meluruskan konsep mengenai diet itu sendiri bahwa diet tidak melulu mengenai pengurangan asupan. Jika anda telah melakukan pola makan teratur tanpa bertujuan untuk mengurangi berat badan pun sebenarnya anda telah melakukan diet.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline