Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Suud

Foto diambil di rumah sambil membaca buku

Pemanasan Menjelang Ramadhan

Diperbarui: 26 Maret 2022   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Suara bersahutan lantunan ayat suci al-Qur'an. Puluhan bapak-bapak mengitari meja persegi panjang, tempat bersandar mushaf Al-Qur'an. Walaupun tanpa TOA, mereka tetap semangat melafalkan "barisan" Kalamullah.

Begitulah rutinitas jamaah masjid besar Baitul Muttaqin Modo, Kabupaten Lamongan Jawa Timur, setiap Jumat malam, bakda Isyak sampai jam 22.00. Sudah 5 tahun kegiatan ini berjalan, sejak Juni 2017.

"Ritual" pekanan ini berawal ide dari beberapa orang "alumni" tadarrus Al-Qur'an pada waktu ramadhan. Menjelang berakhirnya ramadhan 2017 hari terakhir, ada yang usul agar dilaksanakan tadarrus rutin. Tujuannya agar spirit Al-Qur'an terus terbawa walaupun diluar puasa. Akhirnya ide ini disetujui bersama. Maka 2 pekan setelah hari raya dimulailah ngaji Al-Qur'an.

Dimulai dari surat Al-fatihah, Al-Baqarah, dan seterusnya sampai akhir surat. Biasanya bisa menamatkan 30 juz memerlukan waktu 12 pekan atau 3 bulan. Pada waktu khataman, para jamaah ada yang sukarela membawakan makanan, jajan dan minuman. Begitu juga dihari biasa banyak jajan berlimpah.

dokpri

Selain sebagai bentuk kecintaan terhadap Al-Qur'an, nderes Al-Qur'an ini juga sebagai moment silaturahim. Kadang diselingi canda gurau, ngopi bareng dan ngobrol-ngobrol ringan.


Semoga Al-Qur'an ini kelak menjadi wasilah syafaat di akhirat, sebagaimana hadist nabi, yang artinya: "Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at kepada orang yang membacanya" (HR. Muslim)"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline