Lihat ke Halaman Asli

Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Sekolah melalui Layanan Konseling Individu pada Siswa

Diperbarui: 29 Februari 2024   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://man2llg.sch.id/tingkatkan-kedisiplinan-siswa-mandali-waka-dan-bk-selalu-cek-kerapian-siswa/

UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MASUK SEKOLAH MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU PADA SISWA

DI SMK DARUL FIKR ANDONG

Oleh : Muhammad Wachid Anwar, S.Sos.I

Guru BK SMK Darul Fikr Andong

alfatahanwar77@gmail.com

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya kedisiplinan siswa dan hambatan yang dialami dalam mendisiplinkan siswa di SMK Darul Fikr Andong Boyolali, Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII. Objek penelitian yaitu faktor penyebab rendahnya kedisiplinan siswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor penyebab dari: 1) Guru: guru sebagai teladan suka datang terlambat, 2) Siswa: kurangnya kesadaran diri dalam mematuhi peraturan 3) Lingkungan: ketidaktertiban dan suasana gaduh dari pelaksanaan di lingkungan sekolah yang tidak terduga. Hambatan dari 1) Siswa: siswa tidak paham dengan peraturan, sering melanggar peraturan, susah diberitahu, dan pura-pura tidak tahu, 2) Guru: guru takut membuat siswa membangkang jika terlalu disiplin, guru yang tidak fit, dan guru kesulitan menghubungi orang tua siswa.

Kata kunci: Faktor penyebab, Kedisiplinan, SMK Darul Fikr Andong

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline