Di era digital, segala urusan kian dipermudah. Mau belanja, bisa lewat internet. Pun kirim barang, kian banyak pilihannya. Salah satu yang sekarang mulai dilirik para penggila belanja online adalah kirim barang pakai layanan jasa yang disediakan transportasi online. Ada dua pemain besar yang bermain, yaitu Go-Jek lewat Go-Send-nya dan Grab yang mengandalkan Grab Ekspressnya.
Saya pun terus terang merasa dimudahkan kirim barang pakai layanan jasa transportasi online. Lebih cepat sampai, ketimbang pakai jasa kirim konvensional. Dan, selama ini tak ada masalah. Saya selalu pakai layanan Go-Send dan memuaskan layanannya. Beli barang siang, sore atau bahkan hanya beberapa jam saja, barang sudah sampai di alamat.
Tapi hari Jumat, 23 Desember 2016, saya punya pengalaman yang bikin saya dongkol setengah mati. Ceritanya, saya pesan barang via toko online. Lalu saya coba pilih layanan kurirnya itu Grab Ekspress. Ini pertama saya coba layanan kurir Grab Ekspress. Adapun alamat tujuan adalah Jalan Saidi III, Nomor 8, Cilandak Selatan, Jakarta Selatan.
Saya pun coba kontak-kontakan dengan penjualnya, di dapatlah nama kurir/driver Grab. Namanya Sarw*** dengan nomor plat motornya : B 623* S*S. Tapi menjelang petang, tiba-tiba si penjual memberi tahu, bahwa menurut driver grab, alamat tidak jelas, tidak ditemukan.
Terus terang saya kaget, saya sudah nunggu-nunggu, ternyata barang gagal diterima hari itu juga. Kalau melihat biaya yang saya kirim, ya barang diterima di hari yang sama saat saya pesan. Saya pilih layanan Same Day, bukan Next Day.
Saya jengkel dan dongkol, karena selama ini barang yang saya pesan selalu sampai jika pakai Go-Send. Tidak pernah ada cerita barang tak sampai, karena alamat yang tak ditemukan. Saya pikir ini drivernya yang malas. Sebagai konsumen saya jelas dirugikan dengan layanan 'katro' Grab Ekspress.
Si penjual pun mengabari, barang dikirim esoknya. Tadinya saya mau coba ganti layanan kurir pindah ke Go-Send. Namun ternyata tak bisa. Dengan hati yang dongkol, saya pun akhirnya pasrah. Sementara saya sudah bayar biaya pengiriman Same Day sebesar Rp.15.000. Kalau dikirim esok harinya, sama saja itu saya gunakan layanan Next Day yang biayanya Rp. 5000.
Ini bukan soal jumlah rupiah yang dibayarkan. Tapi soal kerugian konsumen. Soal layanan buruk bin mengecewakan. Saya juga sudah kirim komplainan ke support.id@grab.com. Belum ada balasan sama sekali. Terus terang saya sangat kecewa. Mungkin ini pertama dan terakhir saya pakai layanan kurir Grab Ekspress. Kapok, kapok, dan kapok. Saya tak lagi-lagi pakai Grab Ekspress. Sangat mengecewakan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H