Lihat ke Halaman Asli

Kang Jenggot

Karyawan swasta

Sepakbola dalam Dua Perahu

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Di negeri ini, sepakbola adalah olahraga kegemaran rakyat. Atau dalam kata lain, sepakbola olahraga yang paling digemari rakyat.

Lihat saja, setiap Timnas berlaga, masyarakat antusias mendukungnya, baik langsung nonton ke stadion, maupun menggelar acara nonton bareng di lingkungannya dan di kafe-kafe.

Tapi kini, masyarakat di berikan tontonan yang bikin mual, rebutan perahu PSSI. Kini, ada dua perahu dengan layar masing-masing ditulisi PSSI. Satu perahu juru mudinya Djohar Arifin, perahu lainnya dikemudikan oleh La Nyalla Mattalitti.

Perahu PSSI memang sejak lama gaduh. Ribut dan bising. Ketika pemain tim nasional berjibaku di lapangan menyepak bole demi gol kemenangan, dalam perahu PSSI, penumpangnya juga saling sikut dan sepak. Dan kegaduhan di perahu PSSI, sudah dipastikan mencoreng muka dunia sepakbola Indonesia.

Sepertinya di tanah air, para elit di panggung apapun doyannya membuat bising. Di panggung politik bising. Di panggung olahraga tak kalah gaduh. Mereka bising dan gaduh hanya mengurusi ego dan periuk kelompoknya. Sedikit yang berpikir untuk kemaslahatan bersama.

Kini dunia sepakbola makin lucu. Ada dua liga yang dihelat. Dan kemungkinan ada dua tim nasional. Jangan-jangan nanti juga kalau hobi gaduh dan saling sikut makin menjadi, akan ada presiden tandingan di negeri ini yang dipilih atas nama sebuah komite penyelamat. Padahal siapa yang mau diselamatkan...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline