Lihat ke Halaman Asli

Pak Nur Mahmudi (Walikota Depok), Istimewa!!

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1381497379778973303

Akhir-akhir ini mulai ramai pembicaraan tentang sosok Walikota Depok, Pak Nur Mahmudi Isma’il. Apa sih istimewanya beliau sampai menjadi “buah bibir” masyarakat dunia maya. Padahal jika dibandingkan jokowi, Pak Nur ini hampir jarang nongol di media Tv Nasional, terakhir yang saya lihat saat Pak Nur live di salah satu Tv nasional terkait masalah Gosip penggusuran sekolah Master.

Tapi saya tak mau ambil pusing dengan perbandingan ini itu, namun sosok pak Nur Mahmudi memang istimewa di mata saya. Pertemuan pertama saya dengan beliau belum lama, sebulan yang lalu saya berkesempatan untuk silaturahim kerumahnya sebagai Redaktur Media yang hendak berdiskusi terkait program One Day No Rice yang dikampanyekan Pak Nur.

Saya tiba dirumah pak nur, sore jam 17.00, namun saya dapat kabar Pak Nur masih dijalan, masih ada keperluan membuka acara di Margo City. Akhirnya Saya menunggu hingga menjelang maghrib. Dan benar saja, bertepatan dengan adzan maghrib pak nur tiba dirumah. Sesampainya Pak Nur langsung menyapa kami, “Maaf ya, rambutnya masih acak-acakan. Tadi naik motor dari balaikota” Sapa Pak Nur. Saya dengan rekan saya terkaget, lupa kalau setiap selasa pak Nur memang tidak naik mobil sebagai wujud konsistesi dia terhadap program One Day No Car, gantinya pak Nur naik motor, ojek, bahkan angkot. Tak jarang Pak Nur juga naik Commuter Line kalo ada acara di Jakarta. Pernah juga Pak Nur datang ke KPK naik motor.

Selepas sholat maghrib, kami langsung berbincang. Obrolan berjalan santai antara kami dengan Pak Nur. Bersila di karpet merah sembari Pak Nur mengupaskan belimbing untuk kami. “Ini saya sekalian ajarkan cara mengupas belimbing yang benar” Ucapnya. Duh Pak Nur, kami jadi tak enak, mestinya kami yang kupaskan untuk Pak Nur atau kami kupas sendiri untuk kami.

[caption id="attachment_284655" align="aligncenter" width="300" caption="Pak Nur sedang Mengupas Buah Belimbing (Buah Khas Kota Depok)"][/caption]

Kemudian obrolan kami mendadak jadi serius ketika berbicara tentang ODNR (One Day No Rice). ODNR adalah program yang dipelopori Pak Nur sebagai program diversifikasi pangan. (Penjelasannya baca disini aja ya :) Gerakan ODNR (One Day No Rice) Dapat Menyelesaikan Masalah Kemiskinan http://chirpstory.com/li/156349 ). Pak Nur sangat yakin bahwa program ODNR nya adalah solusi untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia. Sungguh kami kagum dengan analisa Pak Nur mengenai program ODNR, kami tak menyangka ide sederhana Sehari Tanpa Nasi/ODNR ternyata memberikan dampak yang luar biasa bagi kesejahteraan bangsa Indonesia. Walau Pak Nur masih harus berjuang ekstra untuk meyakinkan masyarakat agar segera beralih dari makan nasi, ke makanan lain seperti jagung, singkong, kentang dll.

Akhirnya tak terasa waktu berjalan begitu cepat, kami segera pamit karena diluar sudah antri tamu lain yang ingin bertemu dengan Pak Nur. Alhamdulillah pertemuan singkat ini semoga membawa berkah, semoga ada kesempatan untuk bertemu lagi.

Sebagai penutup, saya kasih bonus daftar prestasi Pak Nur. Mungkin belum semuanya saya list, kalo ada yang mau nambahin silahkan :)

1.Tender pengadaan barang paling transparan se-Indonesia (versi KPK,Kominfo dan Bappenas).

2.Administrasi Dana Alokasi Umum (DKU) terbaik  se-Indonesia versi Departemen Keuangan RI.

3.Administrasi kepegawaian terbaik no. 2 se-Indonesia  atau no.1 terbaik se-Jawa Barat (versi BKN).

4.Angka kematian bayi terendah se-Indonesia.

5.Angka harapan hidup tertinggi no. 2 se-Indonesia atau  no. 1 se-JawaBarat.

6.Kota percontohan WHO pada penanggulangan penyakit tidak menular berbasis masyarakat.

7.Juara 1 kota siaga se-Jawa Barat.

8.Peraih medali emas terbanyak se-Jawa Barat pada  Olimpiade Sains dan Matematika Nasional 2006.

9.4 besar Pemerintah Kota Terbaik di Indonesia pilihan Kementerian Dalam Negeri tahun 2013

10.IPM (Indeks Pembangunan Manusia) tertinggi di Jawa Barat dan urutan ke-3 di tingkat nasional.

11.Mendapat penghargaan sebagai Kota Layak Anak dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2013

12.Kota Pelopor Jajanan Sehat

13.Angka kemiskinan di Depok tahun 2013 jauh melebih target nasional dan MDGs yakni hanya 2,46 persen.

14.Kota Pelopor ODNR (One Day No Rice) dan ODNC (One Day No Car)

15.Depok menuju Kota Pendidikan dan Peduli Pendidikan Warga Miskin

16.Angka Harapan Hidup Diatas Rata-rata Nasional

17.Insfrastruktur Jalan di Depok semakin baik dengan Program Betonisasi Jalan.

18.PKK depok juara 1 lomba PKK se-Jabar. Kabarnya sih juga Juara 2 Tingkat Nasional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline