Lihat ke Halaman Asli

KANAYA AYU CANDRA SAFIRA

MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

Time Manajemen di Kalangan Generasi Muda

Diperbarui: 12 Desember 2024   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

            Anak-anak muda sering dihadapkan pada banyak tantangan, seperti pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi sosial. Mereka dapat menjadi kewalahan dan tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas yang ada jika mereka tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu dapat didefinisikan sebagai suatu keterampilan yang ada pada diri seseorang dalam mengelolah waktunya. Yuan Xing dan Grace Ester (2022) menuliskan bahwa manajemen waktu ialah sebuah usaha yang dilakukan oleh setiap orang dalam menggunakan waktu sebaik mungkin untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan   sehingga usaha yang dilakukan oleh seseorang tersebut dapat berhasil dan memberikan keuntungan bagi dirinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi generasi muda untuk memahami cara mengelola waktu mereka dengan baik sehingga mereka dapat mencapai tujuan dengan lebih mudah.

Manajemen waktu adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dan memanfaatkan waktu mereka secara efektif untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan menyelesaikan tugas dengan cepat. Antonius Gea (2004) juga menyatakan, waktu adalah sumber daya yang berharga yang tidak dapat diganti oleh manusia untuk memutar kembali. Karena waktu adalah sumber daya yang terbatas dan tidak dapat direproduksi, sangat penting bagi generasi muda untuk mengetahui cara mengatur waktu. Artinya, waktu hanyalah ide yang mengukur bagaimana hal-hal terjadi di masa lalu, sekarang, dan masa lalu.

- Manfaat dari Manajemen Waktu

    1. Seseorang menjadi tepat waktu dan disiplin

        Untuk memanfaatkan waktu dengan baik, seseorang wajib menyiapkan urutan tugas apa yang ingin dikerjakan pada pagi hari                 atau malam hari.

   2. Meningkatkan moral seseorang dan menjadi lebih percaya diri.

        Sebagai output dari manajemen yang baik, seorang akan menuntaskan tugas dalam waktu yang ditentukan dan menjadikannya               terdepan di antara anggota tim lainnya.

   3. Dapat mengurangi kadar stres dan kecemasan.

        Orang yang mampu menyelesaikan tugas dalam batas waktu, umumnya mengalami tingkat stres dan cemas yang lebih rendah                 dibandingkan dengan yang lain. Sangat penting untuk tetap berkonsentrasi saat melakukan tugas, karena menunda-nunda                       hanya akan sia-sia. Ketika tugas telah rampung, anda akan memiliki banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarga,                      teman, dan orang-orang terdekat lainnya.

- Efek negatif jika manajemen waktumu tidak tepat

    1. Tidak Tepat Waktu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline