Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Character Building bagi Generasi Muda

Diperbarui: 8 Agustus 2023   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://sekolahathalia.sch.id

Character building atau pembangunan karakter adalah sebuah upaya untuk membangun karakter yang berupa sifat, moral, dan budi pekerti manusia menjadi baik. Karakter yang baik meliputi motivasi dari dalam diri untuk melakukan hal yang benar, bersumber dari hati, dan tidak dipandang dari sisi umur, ras, jabatan, atau ekonomi karena sebenarnya semua orang bisa memilikinya.Character building sangat penting untuk membangun generasi yang tidak hanya cerdas tapi juga bermoral, berakhlak mulia, dan berbudi pekerti yang baik. Pentingnya pendidikan character building diharapkan juga dapat memberikan dampak positif dalam menghadapi berbagai situasi apapun yang dapat menimbulkan stress.Karena karakter seseorang bisa terbentuk dari keluarga dan lingkungan sekitar.

Pendidikan karakter di berbagai perguruan tinggi di Indonesia sudah mendapatkan perhatian bahkan telah menjadi prioritas.Pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian mahasiswa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.Beberapa cara untuk membangun karakter bagi mahasiswa adalah:

  • Pembentukan kesadaran dan empati terhadap lingkungan sekitar.

Mahasiswa harus belajar tentang problem nyata serta hal lain yang banyak menjadi perhatian masyarakat. Pendidik atau instruktur bisa mengajak mahasiswa untuk lebih memerhatikan masalah sosial, tren, serta kabar terkini.

  • Memotivasi interaksi mahasiswa dengan lingkungan

Pihak kampus atau pendidik dapat membuat program kegiatan yang mengharuskan mahasiswa untuk menyumbangkan waktu dan tenaga bagi pihak lain dalam masyarakat.

  • Membimbing mahasiswa untuk mengembangkan potensi pribadi

Mahasiswa harus mengenali dirinya sendiri dan mencoba hal-hal baru dengan mencari inspirasi sebanyak mungkin.

Selain itu mahasiswa juga harus lebih dewasa dalam melakukan sesuatu,tahu tata krama,bertanggung jawab,dan memiliki pikiran yang terbuka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline