Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Gerakan Menabung (GEMA) Sejak Dini pada Siswa Kelas V SD N Bergas Lor 2

Diperbarui: 16 Agustus 2024   06:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Sosialisasi Gerakan Menabung (GEMA)

Kab.Semarang -- Sosialisasi Gerakan Menabung (GEMA) merupakan implementasi mata kuliah Ilmu Ekonomi Makro dalam Kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Arnendia Okta Riani mahasiswi Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas V (lima) yang berjumlah 17 siswa, yaitu 8 laki-laki dan 9 perempuan. Kegiatan berlangsung pada Kamis, (25/07) dan berjalan dengan lancar serta mendapat kesan yang positif dari siswa-siswi.

Kurangnya kesadaran Anak-anak akan pentingnya menabung merupakan fokus utama permasalahan ini. Kebanyakan Anak-anak hanya memikirkan uang untuk dihabiskan dalam sesaat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dan kesadaran, kurangnya motivasi Anak-anak untuk gemar menabung sejak usia dini, serta kurangnya sosialisasi pendidikan tentang pentingnya akan menabung di lingkungan tersebut. 

Penyampaian materi Gerakan Menabung (GEMA) disampaikan dengan menarik agar siswa-siswi semangat dan senang dalam mengikuti kegiatan ini. Ice breaking dan pembagian souvenir berupa celengan target sebagi upaya dan langkah awal untuk menabung menambah daya tarik bagi anak-anak dalam mengikuti kegiatan sosialisasi Gerakan Menabung (GEMA). 

Kepala Sekolah SD Negeri 02 Bergas Lor, Ibu Bevy Prihastuti Wulandari sangat senang dengan adanya sosialisasi ini dari tim KKN UNNES Giat 9 Kelurahan Bergas Lor. Dirinya berharap dengan adanya sosialisasi tersebut bisa menambah pengetahuan kepada siswa kelas 5 tentang pentingnya menabung. "Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNNES GIAT 9 dapat menambah pengetahuan kepada siswa, apa itu menabung, manfaat menabung sehingga para siswa bisa tahu tentang pentingnya menabung sekaligus siswa juga akan terbiasa menabung sejak usia dini," ujarnya.  

Dokumentasi Sosialisasi Gerakan Menabung (GEMA)

Harapan dari penulis, dengan menanamkan gerakan menabung pada anak sejak usia dini mampu menumbuhkan kembali kebiasaan menabung pada generasi muda Indonesia selanjutnya yang pada akhirnya mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara. Serta dalam penerapan gerakan menabung untuk anak usia dini harus didampingi dan didukung penuh oleh orang tua agar anak-anak dapat terbiasa untuk menabung




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline