Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Khoirul Wafa

Santri, Penulis lepas

Tak Harus Jadi Presiden untuk Melakukan Perubahan

Diperbarui: 1 Juli 2020   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: zazzle.es

MELAKUKAN SESUATU

Seseorang tentunya tidak harus memaksakan diri untuk jadi presiden, jika sekedar ingin mengubah dunia. Sebab dengan tangannya sendiri, manusia bisa melakukan sesuatu. Seperti yang Steve Jobs pernah bilang, "The ones who are crazy enough to think that they can change the world, are the ones who do."

Saya gak mengatakan kalau Jobs sedikit mengutip Jacque Fresco dalam kalimatnya, "If you think we can't change the world, It just means you're not one of those that will."

Adalah fotografer H. S. "Newsreel" Wong, dikenal sebagai Wong Hai-Sheng atau Wang Xiaoting dari Hearst Corporation, yang menggugah kesadaran orang-orang barat dengan tangannya. Meskipun dia bukan Roosevelt.

Fotonya menjadi demikian terkenal karena dilihat berjuta-juta orang. Berpuluh juta, mungkin hingga hari ini sudah jadi beratus juta orang.

Dia mendokumentasikan foto seorang bayi yang menangis dengan tragis. Di sebuah stasiun kereta yang habis. Hancur kena bom, hingga tak cukup kata-kata puitis, atau apapun, untuk menjadikan momentum itu demikian dramatis. Kenyataannya memang demikian, di tangan Wang Xiaoting sisa-sisa pertempuran Shanghai pada perang dunia kedua oleh Jepang sungguh membuat hati miris...

Dia menamakan foto itu Sabtu Berdarah. Saturday Blood.

Tak perlu bukti empiris. Karena apapun yang terjadi, masyarakat tetap memilih "menggugat" Jepang. Meskipun Jepang mengatakan foto itu hanya didramatisir. Terlepas dari kenyataan, saya gak berhak menjustifikasi. Sebab saya tak berada disana (dan memang tak berharap disana) waktu itu.

Adalah aksi kemanusiaan yang diabadikan dengan kamera. Meskipun entah akhirnya fotografer membantu korban atau tidak, seperti dalam foto Starving Child and Vulture, karya Kevin Carter. Yang kita tahu, Carter akhirnya malah bunuh diri setelah fotonya menjadi demikian terkenal.

Mungkin Carter menyesal. Mungkin dia dihantui perasaan bersalah, sebab seharusnya bukan tangannya yang refleks mengambil kamera, tapi seharusnya tangannya membantu anak kecil dalam foto itu berdiri (atau setidaknya mengusir burung itu).

Tapi lagi-lagi saya gak berhak menilai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline