Lihat ke Halaman Asli

Anisatus Sahris Safitri

"Don't stop when you are tired. Stop when you are done"

Pembelajaran Luring Door to Door, Solusi Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi

Diperbarui: 19 Agustus 2021   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

"Jika Siswa tidak dapat datang ke sekolah, maka sekolah yang akan mendatangi siswa" kalimat ini yang mendorong mahasiswa kampus mengajar angkatan 1 untuk mengadakan pembelajaran luring secara door to door di SDN 3 Nglampir. Pandemi covid-19 yang belum usai, menuntut pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran ini dinilai kurang efektif dan menyulitkan orang tua dalam mengawasi pembelajaran siswa.

Kegiatan luring secara door to door yang dimulai dari tanggal 17 April 2021 ini dilakukan  selama 3 hari dalam seminggu yaitu hari kamis, jumat, dan sabtu yang bertempat dirumah salah satu siswa. Karena lingkungan sekolah yang merupakan daerah pegunungan, kegiatan luring dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok atas dan bawah sesuai dengan domisili siswa. Kegiatan luring ini dimanfaatkan untuk mengevaluasi kemampuan siswa ketika pembelajaran berlangsung secara daring, memberi tambahan materi, serta mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas. 

Selain itu kita juga mengenalkan beberapa permainan tradisional dan kegiatan menggambar sebagai sarana refreshing bagi siswa. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, cek suhu, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak.

Dokumen pribadi

Pembelajaran luring ini memperoleh antusias yang luar biasa, baik itu dari siswa, guru, ataupun orang tua. ketika pembelajaran siswa menyimak materi dengan baik serta aktif bertanya jika terdapat materi yang belum dimengerti.

"saya mendukung dan berterima kasih atas diadakannya kegiatan luring ini bu, kalau bisa jadwal kegiatan luringnya ditambah bu" Tutur salah satu wali murid SDN 3 Nglampir.

Dokumen pribadi

Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa, guru, maupun wali murid dalam proses pembelajaran. sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efisien



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline