Lihat ke Halaman Asli

Devita Putri Viramanti

Bismillah, Insya Allah siap untuk kembali menulis

Wanita Harus Tahu

Diperbarui: 4 Desember 2015   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

WANITA HARUS WASPADA

Wanita memiliki lebih banyak ancaman penyakit yang sensitif dibandingkan laki-laki. Mulai dari tumor, kanker servik, kanker payudara, kanker rahim, dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit ini selain sensitif juga sebagai salah satu penyebab kematian. Penyebabnya banyak, mulai kurangnya menjaga kebersihan diri, gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, faktor genetika, dan lain sebagainya.

Kali ini saya akan membahas tentang tumor,

Tumor merupakan penyakit yang mengkhawatirkan karena menjadi penyebab kematian nomor tujuh di Indonesia dengan persentase 5,7 persen dari keseluruhan penduduk Indonesia yang meninggal (Riset Kesehatan Dasar tahun 2007). Riset juga menyatakan bahwa setiap 1000 orang terdapat sekitar 4 penderita tumor. Faktor ini terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya sehingga dalam kurun waktu 10 tahun (2005-2015) WHO memperkirakan jumlah kematian karena tumor rata-rata 8,4 juta setiap tahun dan tahun 2015 mencapai 9 juta jiwa.

Tumor adalah proses penyakit yang bermula ketika sel abnormal di ubah oleh mutasi ganetic dari DNA seluler, sel abnormal ini membentuk kolon dan berpopliferasi secara abnormal, mengabaikan sinyal mengatur pertumbuhan dalam lingkungan sekitar sel tersebut. Sel-sel neoplasma mandapat energi terutama dari anaerob karena kemampuan sel untuk oksidasi berkurang, meskipun mempunyai enzim yang lengkap untuk oksidasi. Susunan enzim sel uniform sehingga lebih mengutamakan berkembang biak yang membutuhkan energi unruk anabolisme daripada untuk berfungsi yang menghasilkan energi dengan jalan katabolisme. Jaringan yang tumbuh memerlukan bahan-bahan untuk membentuk protioplasma dan energi, antara lain asam amino. Sel-sel neoplasma dapat mengalahkan sel-sel normal dalam mendapatkan bahan-bahan tersebut.(Kusuma, Budi drg. 2001).

Ketika dicapai suatu tahap dimana sel mendapatkan ciri-ciri invasi, dan terjadi perubahan pada jaringan sekitarnya. Sel-sel tersebut menginfiltrasi jaringan sekitar dan memperoleh akses ke limfe dan pembuluh-pembuluh darah, melalui pembuluh darah tersebut sel-sel dapat terbawa ke area lain dalam tubuh untuk membentuk metastase (penyebaran tumor) pada bagian tubuh yang lain.Meskipun penyakit ini dapat diuraikan secara umum seperti yang telah digunakan, namun tumor bukan suatu penyakit tunggal dengan penyebab tunggal : tetapi lebih kepada suatu kelompok penyakit yang jelas denagn penyebab, metastase, pengobatan dan prognosa yang berbeda.(Smelstzer, Suzanne C.2001).

Tumor sendiri adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan adanya pertumbuhan massa (solid/padat) atau jaringan abnormal dalam tubuh yang meliputi tumor jinak (benigna tumor) dan tumor ganas (malignant tumor). Tumor ganas lebih dikenal sebagai kanker.

Dokter Norahmawati Sp. PA yang kami jumpai tempo hari di Laboratorium Patologi Anatomi juga menjelaskan bahwa di tahun-tahun belakang ini penyebab tumor selain yang dijelaskan diatas adalah pola hidup yang tidak seimbang. Apalagi dari makanan, mulai ayam potong yang dibakar maupun di goreng, makanan instan, makanan cepat saji, sate, itu semua dapat menjadi salah satu pemicu penyebab tumor pada wanita.

Tumor sendiri adalah penyakit kedua setelah penyakit kardiovaskuler yang menyebabkan kematian utama di Amerika Serikat. Lebih dari 496.000 orang Amerika meninggal akibat proses maligna, setiap tahunnya. Memperlihatkan frekuensinya, penyebab kematian akibat tumor di Amerika Serikat meliputi kanker paru, prostate, dan area kolorektal pada pria dan pada tumor paru, payudara, dan area kolorektal pada wanita.(Smelstzer, Suzanne C.2001)

Tidak bisa dipungkiri tumor adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Maka bagi wanita memperhatikan pola makan sedini mungkin itu sangat baik. Mulai mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, dengan pengolahan yang baik, dan tidak lupa juga untuk selalu olahraga.

 

Dee_Deeri09




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline