Lihat ke Halaman Asli

KAMPUH WELDING INDONESIA

Pelatihan Pengelasan

Kampuh Welding Indonesia Mengikuti Kejuaraan Pengelasan Internasional ARC CUP 2021

Diperbarui: 20 Desember 2021   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram.com/kampuh_welding_indonesia

Kampuh Welding Indonesia terus memberikan kontribusi positif terhadap kualitas ilmu pengelasan dan welder, agar bisa bersaing dengan negara lain. Salah satunya melalui lomba welder internasional setiap tahun yang diselenggarakan di China, Senin (6/12/21).

Lomba yang bertajuk Competition Day ARC Cup 2021 “International Welding Remote Competition” ini di ikuti oleh negara-negara di dunia. Tahun ini, China sebagai penyelenggara sekaligus tuan rumah kejuaraan dunia pengelasan internasional tersebut.

Digelar Online

instagram.com/kampuh_welding_indonesia

Pandemi Covid-19 membuat kejuaraan tahun ini dilaksanakan secara online. Beberapa negara yang mengikuti kejuaraan tersebut yakni Rusia, Cina, India, Malaysia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Sedangkan tempat penyelenggaraannya berada di Langfang City, Provinsi Hebel, China.

Koordinator Kampuh Welding Indonesia Edhie Soedjatmiko mengatakan, sebagai peserta aktif kejuaraan dunia welder ini, Kampuh Welding Indonesia telah mempersiapkan para peserta sejak beberapa bulan yang lalu.

“Kami memberikan pelatihan khusus kepada para peserta didampingi instruktur berpengalaman, yang telah mengantarkan beberapa peserta menjuarai kejuaraan ini beberapa tahun lalu,” ujarnya.

Tahun ini, yang menjadi wakil dari Kampuh Welding Indonesia pada ARC Cup 2021 mengikuti beberapa lomba diantaranya Proses SMAW diikuti Heri Priyanto, Proses GMAW-Yoga Khisna Bayu Pratama, Proses GTAW-Mohamad Afwan, dan Proses Finish Product-Ramandana Maulana Putra.

Edhie Soedjatmiko menambahkan, kejuaraan dunia welder ini merupakan agenda tahunan dan menjadi ajang bergengsi bagi seluruh negara peserta. “Agar dapat menunjukkan kualitas pembelajaran yang diberikan. Yakni untuk mengukur kualitas yang standar bagi setiap lulusan, sehingga seluruh peserta di dunia bisa menyesuaikan keterampilan pengelasan yang dilombakan,” paparnya.

Di sisi lain, Zaed Yuliadi yang menjadi salah satu juri dari Indonesia pada kejuaraan welder ini menjelaskan tentang kriteria penilaian. “Keterampilan pengelasan dengan berbagai posisi yang dilombakan kepada para peserta merupakan kesepakatan dari panitia lomba. Juga dari negara-negara peserta kejuaraan ARC Cup 2021 ini, untuk melihat perkembangan ilmu pengelasan dari berbagai negara di dunia,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline