Lihat ke Halaman Asli

kamila khairunnisa

siswi SMPN 7 Depok

Perbedaan Sistem Pendidikan di Inggris dengan Indonesia

Diperbarui: 14 Desember 2022   00:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sistem pendidikan dasar di Inggris lebih mementingkan praktek daripada teori maka dari itu Mari kita mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan tingkatan jenjang pendidikan di Inggris dengan Indonesia.

Tingkatan jenjang pendidikan di Inggris

Saat anak-anak berusia 3 sampai 4 tahun, memasuki jenjang pendidikan pra primer (pra primary education). Setelah jenjang pendidikan pra primer selanjutnya di usia 4 sampai 11 tahun, melanjutkan ke jenjang pendidikan primer (primary education). Jenjang selanjutnya adalah pendidikan sekunder (secondary education) yang dimasuki saat anak berusia 11 sampai 16 tahun. Di usia 16 sampai 18 tahun siswa mengambil ujian general sertifikat of secondary education (gcse) untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan (further education). Setelah mengikuti ujian gcse siswa mengambil kualifikasi AS (advance subsidiary) level kemudian dilanjut dengan A level. Tingkatan terakhir pada jenjang pendidikan yaitu pendidikan tinggi (higher education) yang dimasuki oleh usia lebih dari 18 tahun. Pendidikan ini membutuhkan waktu selama 3 tahun untuk setinggi sarjana atau Bachelor's degree. Selanjutnya pendidikan pascasarjana dengan tingkat Master yang membutuhkan waktu 1 tahun 

Tingkatan jenjang pendidikan di Indonesia 

saat anak berusia 7 sampai 12 tahun mulai memasuki jenjang sekolah dasar (SD) yang menempuh waktu selama 6 tahun. Setelah lulus dari SD, jenjang pendidikannya berlanjut ke sekolah menengah pertama (SMP) dengan masa belajarnya selama 3 tahun. Jenjang berlanjut ke sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK), saat lulus SMP Maka selanjutnya masuk ke jenjang SMA atau SMK yang berlangsung selama 3 tahun.

Di Inggris jenjang pendidikan pra primer tidak diwajibkan, sedangkan di Indonesia jenjang yang tidak diwajibkan yaitu PAUD, Taman kanak-kanak, karena pendidikan tersebut tidak termasuk pendidikan formal

Mata pelajaran yang diajarkan di Inggris yaitu Matematika, IPA, IPS, Bahasa Spanyol, pelatihan musik, estetika, kerajinan tangan, seni, dan pelajaran olahraga. Sedangkan mata pelajaran di Indonesia yaitu PKN, IPA, IPS, MTK, agama, bahasa Indonesia, seni budaya dan keterampilan olahraga dan muatan lokal.

Perbedaan yang cukup signifikan terlihat di perbedaan usia antara Inggris dengan Indonesia untuk memasuki pendidikan dasar yaitu di mana Inggris memasuki pendidikan dasar sejak umur 4 sampai 11 tahun, sedangkan di Indonesia memasuki pendidikan dasar sejak umur 7 sampai 12 tahun.

Meskipun sistem pendidikan setiap negara berbeda tentunya setiap negara mempunyai cara tersendiri untuk mendidik, tapi yang harus diketahui setiap pendidikan yang diberikan akan bermanfaat dengan caranya masing-masing dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan pendidikan dan generasi bangsa yang lebih berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline