Lihat ke Halaman Asli

Kamaruddin

Mengingat bersama dengan cara menulis

Cara Mudah Membaca 30 Buku dalam Setahun

Diperbarui: 4 Mei 2022   05:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi buku | Foto: Istimewa


Teori by James Clear


Warren Buffett, orang yang sering disebut sebagai investor terbesar dari abad ke-20, berdiri di depan 165 mahasiswa dari Universitas Columbia.

Salah satu mahasiswa mengangkat tangannya dan bertanya kepada Buffett cara terbaik berinvestasi.

Setelah berpikir sejenak, Buffett mengeluarkan setumpuk kertas dan laporan perdagangan yang dia bawa bersamanya dan berkata;

"Baca 500 halaman seperti ini setiap hari. Begitulah cara pengetahuan berfungsi. Kalian semua bisa melakukannya, tapi aku menjamin tidak banyak dari kalian akan melakukannya!".

Buffett memperkirakan 80 persen dari jam kerjanya dihabiskan untuk membaca.  Itu cukup untuk membuatmu bertanya, "apakah saya membaca cukup buku?".

Dalam hal ini, James Clear mengembangkan sebuah sistem yang masuk akal yang membantunya membaca lebih dari 30 buku per tahun.

20 Halaman Per Hari

James mengatakan jika Anda tahu bagaimana cara membaca, maka membaca buku relatif mudah. James menyadari bahwa kebiasaan membacanya sebagian besar reaktif, tidak proaktif.

Jika tautan yang menarik melintas di layar Facebook atau Twitter, maka James akan membacanya sebagai reaksi. James tidak meluangkan waktu untuk membaca buku setiap hari. Ia hanya membaca ketika ada hal menarik yang didorong di depannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline