Lihat ke Halaman Asli

KAMALUDIN

Mahasiswa

Tingkatkan Produktivitas UKM, 5 Mahasiswa Unesa Rancang Mesin Press Sepatu Berteknologi ECU Berbasis Jack Screw System

Diperbarui: 28 September 2023   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Kebangkitan sektor UMKM dapat berdampak dan mempercepat peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seperti diketahui, sektor ini memang sudah menjadi tulang punggung Tanah Air. Data Kementerian Koperasi dan UKM menyebut, jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada 2021 mencapai 64,19 juta dengan partisipasi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun.

Oleh karena itu dengan adanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dapat membantu permasalahan-permasalahan UMKM di indonesia dalam meningkatkan produktivitas, efektivitas dan kualitas. Seperti halnya yang dilakukan oleh 5 mahasiswa unesa jurusan teknik mesin yang menciptakan mesin Press Sepatu Berbasis Dengan Teknologi Electrical Control” untuk membantu produktifitas UKM UD. Handoko. Diantara mahasiswa tersebut yaitu Kamaludin, Rifqi Al Baariq, Vemas Aldi Pratama, Cherin Febriana dan Nugraha Prasetya Derajat dengan di bimbing oleh Agung Prijo Budijono, S.T., M.T.

Kamaludin menjelaskan, inovasi yang mereka hadirkan itu merupakan solusi untuk menjawab keluhan UKM sepatu kulit, UD Handoko yang masih menggunakan cara tradisional. Proses pengepresan lem sol sepatu masih dipukul manual yang mengakibatkan lem tidak merata, kurang efektif dan memakan waktu yang cukup lama.

Dokumen Pribadi

Mesin buatan mereka itu berbasis jack screw dan dilengkapi beberapa komponen. Pertama, motor listrik, yang berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Mesin ini menggunakan motor DC yang memiliki konstruksi sederhana, murah, ringan, lebih efisien dan perawatan mudah.

Ketiga, electrical control unit atau ECU merupakan perangkat kelistrikan yang berfungsi untuk mengatur pengoperasian mesin. ECU merupakan otak dasar dari mesin terkomputerisasi. ECU pada mesin ini digunakan untuk menghidupkan dan mengatur putaran spindel motor.

Keempat, memiliki double clem penekanan klebut yang berfungsi untuk mengatur panjang dan pendeknya penahan pada klebut sesuai dengan jenis sepatu yang akan dipress.

Selain itu mesin Press Sepatu Berbasis Jack Screw ini memiliki dimensi yang tidak memakan banyak tempat dengan panjang 40 cm, lebar 48 cm dan tinggi 80 cm dengan bahan rangka besi hollow.

Pemilihan komponen tersebut membuat mesin pres sepatu ini memiliki beberapa keunggulan seperti tekanan dan lamanya penekanan pengepresan sepatu dapat diatur dengan mudah, mampu mengepress sepatu dengan gaya penekanan mencapai 6 ampere atau setara dengan 570 kg, memiliki kapasitas sekali pengepressan satu pasang sepatu sekaligus.

Dokumen Pribadi

Dia berharap inovasi tersebut bisa membantu meningkatkan perekonomian negara salah satunya dengan membuat suatu kreasi yang inovatif dan solutif bagi UKM di Indonesia. "Kreasi mesin press sepatu berbasis jack screw ini salah satu kontribusi kami untuk UKM, untuk masyarakat dan bangsa," harapnya.

Dokumen Pribadi

Mesin tersebut sudah diuji coba dan diserahkan kepada UD Handoko pada Agustus 2023 lalu. Handoko, pemilik UKM tersebut berterima kasih atas mesin inovasi mahasiswa tersebut. Dia berharap mesin pres sepatu yang bisa meningkatkan kapasitas produksinya itu bisa mengembangkan dan memajukan usahanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline