Lihat ke Halaman Asli

Kamalia Purbani

Pemerhati Pemerintahan, Lingkungan Hidup dan Pemberdayaan Perempuan

Memperingati Hari Ayah: Kesiapan Menjadi Ayah yang Baik

Diperbarui: 14 November 2022   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

MEMPERINGATI HARI AYAH

Beratnya Tugas Seorang Ayah

Hari Ayah diperingati baik pada skala dunia maupun nasional. Walaupun sedikit berbeda latar belakangnya, namun tujuannya hapir sama yaitu untuk mengingatkan kepada kita semua tentang betapa pentingnya peran seorang ayah dalam keluarga.

Hari Ayah Sedunia diawali dengan kisah pada bulan Mei 1909, di mana seorang anak bernama Sonora Smart Dodd mendengarkan pidato Hari Ibu di Gereja. Setelah itu, Ia ingin menetapkan sebuah hari untuk Ayahnya, William Jackson Smart. Ibu Dodd meninggal saat melahirkan. 

Oleh karena itu, sang ayah yang mengurus Dodd beserta lima saudara lainnya. Awalnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah Sedunia pada tanggal 5 Juni sesuai dengan ulang tahun ayahnya. Butuh waktu banyak untuk mewujudkan keinginan Dodd, sampai pada akhirnya, Hari Ayah Sedunia pertama kali dirayakan pada tanggal 19 Juni 1910 (situs LiveScience).

Berbeda dengan Hari Ayah Sedunia, Hari Ayah Nasional jatuh pada 12 November. Menurut situs Anggun Paud Kemdikbud, Hari Ayah Nasional digagas oleh sekumpulan wanita yang bernama 'Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP)' dan pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006 pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Peran Ayah bagi keluarga

Berbagai sumber menjelaskan bagaimana besarnya peran dan tanggungjawab seorang ayah, mulai dari sebagai pencari nafkah, partner bagi ibu, pemimpin, pelindung, penerap kedisiplinan, pemberi teladan, pemberi Perhatian dan kasih sayang, pendidik, pemberi Motivasi, pembimbing, sebagai teman serta seorang penolong yang selalu siaga.

Mendidik seorang anak bukan hanya menjadi tanggungjawab seorang ibu, tapi juga seorang ayah. Saat seorang ayah ingin mendidik anaknya menjadi seorang laki-laki sejati, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian (https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan).

Kehadiran sosok Ayah juga penting bagi anak, khususnya anak laki-laki yang kelak akan menjadi seorang pemimpin bagi keluarga kecilnya di masa depan. Peran seorang ayah juga penting bagi pembentukan karakter anak yang kelak harus menjadi laki-laki sejati di masa mendatang.

Beberapa peran penting tersebut adalah:

  • Ayah harus terlibat mendidik anak sejak usia dini. Ayah juga harus berada di samping anak saat dibutuhkan. Karena hal itu bisa membangun bonding antara Ayah dan anak, sehingga anak akan dekat dan percaya pada Ayahnya.

  • Saat anak laki-lakinya berusia 7-14 tahun dan 15-21 tahun, seorang ayah harus benar-benar meletakkan anak laki-lakinya sebagai prioritas perhatiannya, sesibuk apapun.

  • Ayah harus benar-benar merasakan atau memberikan pengalaman dan waktu terbaik saat bersama anak laki-lakinya. Karena anak laki-laki bisa merasakan ketika Ayah tidak menikmati waktu bersamanya atau hanya sebatas formalitas menggugurkan kewajiban saja.

  • Ayah juga perlu lebih terbuka menunjukkan rasa sayangnya (demonstrative), sehingga anak akan mampu merasakan kedekatan antara dirinya dengan Sang Ayah.

  • Seorang Ayah harus hadir setiap saat untuk anak laki-lakinya, bukan saat momen bahagianya saja, tapi juga ketika anak sedang menghadapi masalah yang memerlukan dukungan atau bantuan.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline