Lihat ke Halaman Asli

Sifat Pendidik yang Menghambat Pembelajaran

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Proses belajar yang dialami anak usia dini sangat tergantung pada orang tua dan guru. Dalam mendidik anak usia dini ada banyak sikap dan perilaku yang sebenarnya tidak boleh untuk diterapkan dalam mendidik. Sikap dan perilaku tersebut sering tidak disadari oleh orang tua dan guru. Bahwa ada banyak hal yang perlu dikoreksi dan diperbaiki dalam mendidik anak usia dini. Sesuatu yang dianggap sepel, tetapi sebenarnya mempunyai pengaruh yang sangat besar. karena pada dasarnya, anak di usia dini mempunyai daya ingat yang kuat dan mempunyai kebiasaan untuk meniru apa yang di lihat dan di dengar.

berikut ini 36 sifat pendidik yang menhambat pembelajaran:

1. Merasa diri paling benar

2. Merasa paling tahu

3. Membiarkan anak meras selalu benar

4. Banyak melarang vs menuruti kemauan siswa

5. Bukan pendengar yang baik

6. Terburu-buru mengambil kesimpulan

7. Memotong pembicaraan yang belum selesai

8. Cenderung memberi hukuman fisik

9. Tidak konsekuen dengan kesepakatan

10. Mudah memaklumi

11. Mudah marah

12. Mudah menyerah dan lembek

13. Suka berteriak dan mengancam

14. Menakut-nakuti agar anak menurut

15. Mudah terpancing

16. Menekankan kesalahan lupa menghargai prestasi

17. Mengungkit-ungkit kesalahan

18. Berbicara tidak jelas

19. Suka menyindir

20. Terpaku pada hasil, bukan proses

21. Mengajarkan balas dendam

22. Suka menggoda

23. Suka membanding-bandingkan

24. Memanggil dengan julukan jelek

25. Mengalihkan perhatian

26. Melempar tanggung jawab

27. Beda hati beda suara

28. Tidak bisa menghargai kekonyolan anak

29. Tidak memberi kesempatan anak menyelesaikan masalahnya sendiri

30. Tidak memberi rasa aman kepada anak

31. Tidak sabar meladeni keingintahuan anak

32. Membiarkan anak suka memerintah dan tidak mandiri

33. Tidak peka terhadap anak berkebutuhan khusus

34. Banyak berjanji

35. Tidak menjaga hubungan erat dengan anak

36. Memberikan tanggung jawab di luar batas kemampuan anak

Setelah kita mengetahui sifat sifat tersebut apakah kita rela melihat dan menjadikan kita penyebab penghambat perkembangan pendidikan kita? Jika tidak mulailah merubah semua sifat tersebut agar perkembangan anak menjadi maksimal.

Dikutip dari buku : megelola paud . A. Martuti

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline