Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Ciptakan Permen untuk Sapi

Diperbarui: 9 September 2018   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Unmul dan warga Desa Muang Dalam, RT 34, Lempake, Samarinda Utara, bekerja sama menciptakan suplemen penambah nafsu makan sapi. Mereka menyebutnya "permen jilat sapi" atau Penjilat Sapi, Sabtu 8 September 2018 lalu.

Sebagaimana dikutip dari media Kaltimtoday.co, permen jilat sapi atau dalam bahasa peternakan disebut "urea mineral molases block (UMMB)" sendiri merupakan salah satu teknologi di bidang peternakan sebagai suplemen pangan pada ternak ruminansia. Tujuannya meningkatkan efisiensi pencernaan, sehingga dapat meningkatkan produksi ternak. Sampai saat ini, UMMB telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas ternak potong maupun perah baik sapi, kerbau, domba maupun kambing.

Dalam menggelar sosialisasi dan pelatihan pembuatan penjilat sapi tersebut, mahasiswa yang juga penerima beasiswa Tanoto Foundation Unmul menggandeng Kelompok Ternak Bersatu binaan Desa Muang Dalam RT 34. Para peternak sapi di sana mengeluhkan sapi-sapi mereka lamban dalam proses penggemukan, karena peternak hanya memberikan rumput dan daun pisang sebagai sumber pangan utama pada sapi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline