Lihat ke Halaman Asli

Kalih Moghita

Mahasiswi

Diet Sehat tapi Takut Makan Malam?

Diperbarui: 14 Maret 2023   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kalih Moghita Jyoti

Diet bisa dilakukan oleh setiap orang, dan diet tidak hanya dilakukan oleh orang yang mengalami obesitas, tapi bisa dilakukan untuk orang yang belum memiliki berat badan ideal. Bagaimana cara diet sehat? Yuk simak!

Banyak remaja yang memiliki mindset diet adalah kegiatan tidak memakan makanan apapun. Padahal hal tersebut dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit, seperti asam lambung, lambung bocor, kekurangan nutrisi, dan gangguan metabolisme.

Diet adalah kegiatan yang bersifat positif untuk kesehatan, tapi banyak disalahgunakan oleh remaja zaman sekarang yang ingin memiliki tubuh seperti Idol K-Pop. Dan mengikuti program-program diet ekstrem seperti, makan 1 buah apel dalam 1 hari atau hanya mengkonsumsi air putih saja.

Saat melakukan program diet, tubuh tetap harus memiliki nutrisi yang cukup, diet bukan berarti kita tidak mengkonsumsi makanan yang cukup, diet sehat adalah ketika kita makan makanan yang cukup diimbangi dengan nutrisi, protein dan karbohidrat yang dihitung jumlah kalori yang masuk, dengan begitu berat badan akan berkurang walaupun sedikit demi sedikit. Jangan lupa diimbangi dengan olahraga yang cukup.

Pasti kalian juga sering mendengar bahwa makan malam itu dilarang jika sedang melakukan program diet kan?

Sebenarnya persepsi itu tidak salah maupun benar, karena pada faktanya makan malam tidak menyebabkan lemak kita menumpuk, yang menyebabkan hal tersebut terjadi karena, pada saat kita makan malam, kita tidak melakukan aktivitas apapun, melainkan langsung tidur. Hal itulah yang menyebabkan lemak jahat menumpuk pada tubuh.

Disarankan agar, sebelum tidur kita melakukan stretching kecil, selain bergurna untuk peregangan, dapat membuat tubuh menjadi lebih relax, dan membakar kalori yang masuk.

Ada sedikit tips untuk kamu yang ingin melakukan program diet sehat!M

  • Menghitung kebutuhan kalori. Untuk laki-laki: (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) -- (5,68 x usia dalam tahun). Untuk wanita: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) -- (4,33 x usia dalam tahun)
  • Mengatur porsi makan, jika biasanya kamu m mengkonsumsi nasi sebanyak 2 sendok maka kurangi lah 1 sendok untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk. Begitupun dengan kondimen-kondimen makanan yang lainnya.
  • Membuat jadwal makan yang teratur, membuat jadwal ini sangat penting, karena dengan mengatur jam makan kamu, kamu tidak akan merusak program diet yang sudah kamu jalani. Karena diet yang sehat dimulai dari pola makan yang teratur.
  • Makan pelan-pelan, makan secara perlahan dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, karena makanan cepat di cerna oleh tubuh, saat kamu makan secara cepat maka, makanan yang masuk akan lewat begitu saja, sehingga perut akan terasa lapar kembali.
  • Olahraga teratur, olahraga menjadi jadwal terpenting dalam program diet kamu, selain membuat tubuh menjadi vit. Olahraga akan menunjang progres penurunan berat badan kamu loh!
  • Terapkan gaya hidup sehat, gaya hidup sehat juga menjadi penunjang dalam program diet kamu, karena gaya hidup sehat tidak hanya dari apa yang kita makan dalam sehari-hari, tapi juga kegiatan apa saja yang kita lakukan sehari-hari.
  • Hindari karbohidrat olahan, olahan Karboidrat seperti tepung, gula pasir, sirup jagung tinggi fruktosa, dan konsentrat jus buah. Saat diet hindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti contoh diatas.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline