Lihat ke Halaman Asli

5 Tips Memilih Kursi Kantor

Diperbarui: 10 Agustus 2017   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kursi kantor merupakan salah satu instrumen penting di ruangan kantor, dan merupakan salah satu titik dimana karyawan menghabiskan waktu paling lama ketika bekerja. Faktor kenyamanan di ruang kerja menjadi sangat penting karena dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif.

Di bawah, terdapat 5 hal yang dapat dilakukan sebelum memilih dan membeli kursi kantor yang baik

  • Kursi kantor harus tepat secara fungsional
    • Akan digunakan oleh siapakah kursi kantor yang akan dibeli nantinya, apakah kursi untuk direktur, kursi staff, atau sekedar kursi tunggu.
  • Kursi kantor tepat sesuai budget harga
    • Perusahaan tentu sudah mempunyai budget untuk pemeliharaan sarana dan prasarana kantor, bilamana kursi kantor mengalami masalah. Apakah harus membeli baru atau cukup dengan maintenance spare part-nya saja. Usahakan ketika membeli furniture kantor secara bulk, jangan membeli satuan, karena biasanya jika membeli banyak dapat menghemat pengeluaran. Harga jauh lebih murah apabila membeli langsung ke pabrikan atau distributor resmi furniture kantor jika dibandingkan membeli dari Ace hardware atau  Home Solution.
  • Kursi dan meja kantor harus tepat ukuran
    • Pengukuran yang dilakukan harus proporsional, Akan lebih bijak jika membuat sketsa ruangan terlebih dahulu dengan menghitung berapa luas ruangan yang digunakan dan berapa banyaknya karyawan yang menempati ruangan tersebut. Jangan terlalu sempit namun jangan juga terlalu boros tempat.
  • Kursi kantor yang awet
    • Pilihlah rangka kursi kantor yang kokoh atau yang sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Usahakan sesuai dengan postur tubuh karyawan, jangan memilih bantalan kursi yang terlalu keras, dan juga tidak terlalu empuk. Jika penggunaan lebih dinamis, belilah kursi yang menggunakan roda. Untuk kursi di ruangan meeting lebih biasanya lebih cocok kursi yang tanpa roda.
  • Kursi kantor harus memiliki desain yang relevan.
    • Kursi direktur baiknya memiliki sandaran tangan, dan kursi yang lebih besar. Kursi staff memiliki desain yang lebih simpel. Pemilihan warna dan jenis bahan juga harus disesuaikan, karena pemilihan warna yang kontras, terkadang dapat membuat kedaan menjadi sedikit tidak nyaman.

Apakah anda sudah melakukan ke-5 tips diatas? Jangan lupa untuk memilih kursi kantor yang nyaman dan ergonomis sesuai dengan postur tubuh karyawan anda ya. Selamat berbelanja ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline