Lihat ke Halaman Asli

KKN MB UIN WS POSKO 97

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mahasiswa KKN MB UIN Walisongo Semarang Ikut Meriahkan Tradisi Rotib Al-Attas di Desa Kemligi

Diperbarui: 12 Juli 2024   00:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar: Rutinan Jumat Kliwon dan Pembacaan Ratib al-Attas/dokpri

Kemligi, Batang  -- TIM KKN  KKN MB (moderasi beragama) UIN Walisongo Semarang ikut serta dalam acara Rotib al-Attas yang diadakan di wilayah Desa Kemligi, Wonotunggal, Batang pada Hari Kamis, (11/7/2024).


Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam Jumat Kliwon setelah Maghrib dan diadakan di makam desa Kemligi tepatnya di dusun Jurang. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim serta sebagai salah satu cara menghormati dan mengenang sejarah leluhur.


Acara dimulai setelah shalat Maghrib dan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB. KH Bashori selaku sesepuh dan tokoh agama di desa Kemligi membuka acara dengan ceramah yang menyinggung tentang hidup dan mati seseorang. Beliau juga menyampaikan bahwa dunia hanyalah ladang akhirat.


Setelah ceramah, acara dilanjutkan dengan pembacaan Rotib al-Attas yang diikuti oleh tahlil dan doa bersama.
Kehadiran mahasiswa KKN MB UIN Walisongo Semarang dalam acara ini menunjukkan komitmen mereka dalam menghargai kearifan lokal serta tradisi masyarakat setempat.


Para mahasiswa KKN juga merasa terhormat dapat ikut serta dalam acara yang ini. Mereka mengaku mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang pentingnya menjaga silaturahim dan menghormati jasa para leluhur. "Ini pengalaman yang berharga bagi kami. Kami merasa lebih dekat dengan masyarakat dan dapat lebih mengenal tradisi-tradisi lokal yang ada di desa Kemligi ini". ujar Ridho selaku koordinator desa.

Reporter: Tim KKN MB POSKO 97 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline