Lihat ke Halaman Asli

Keza Felice

Bloger and Content Writer

Hindari 6 Makanan Ini Saat Sakit Tenggorokan!

Diperbarui: 3 November 2018   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doktersehat.com

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit tenggorokan. Hanya saja tidak semua memiliki sebab yang sama. Sakit tenggorokan bisa disebabkan karena faktor cuaca yang kurang baik, virus, atau karena kamu yang kelelahan karena terlalu banyak aktivitas yang dikerjakan.

Sakit tenggorokan memang tidak terlihat terlalu membahayakan, tapi bukan berarti dapat disepelekan. Seseorang yang terkena sakit tenggorokan biasanya akan mengalami demam, lemas, dan susah makan. Hal tersebut tentunya akan menjadikan kondisimu semakin buruk. Pastinya kamu nggak mau kan kalau keadaanmu yang tidak sehat tersebut mengganggu aktivitasmu?

Jika kamu mengalami sakit tenggorokan, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Salah satunya yaitu dengan menjaga pola makan. Kamu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan agar rasa sakit di tenggorokanmu tidak semakin parah. Kamu harus menghindari 6 makanan ini ketika sedang mengalami sakit tenggorokan. Check it out!

1. Minuman Bersoda

Suratkabar.id

Meski terlihat menyegarkan, namun minuman berasoda ini dapat membuat mulutmu semakin kering lho. Selain itu,  efek dari rasa kering tersebut malah akan menjadikanmu semakin dehidrasi. Tentunya hal itu akan berpengaruh pada tenggorokanmu juga. Saat kamu sedang mengalami peradangan, sebaiknya kamu menghindari minuman yang mengandung soda Ini ya!

2. Kopi

Tribuntreveller.com

Minum kopi biasanya dapat memperbaiki suasana hati dan juga dapat menenangkan pikiranmu. Sejenak, rasa hangatnya kopi dapat membuat tenggorokanmu nyaman. Tapi, semuanya hanya sementara.

Kandungan kafein pada kopi dapat menjadikan peradanganmu semakin parah. Karena tenggorokanmu akan terasa semakin gatal dan kering. Sama halnya ketika kamu meminum minuman bersoda. Dan hal tersebut akan membuatmu semakin dehidrasi.

Padahal, disaat sedang mengalami sakit tenggorokan, itu berarti kamu sedang berada dalam keadaan dehidrasi, yang mana kamu membutuhkan banyak cairan. Ada baiknya kamu banyak-banyak mengkonsumsi cairan untuk menghindari dehidrasi yang akan menjadikan radangmu semakin memburuk.

3. Makanan yang Kering

Makanajib.com

Makanan yang memiliki tekstur kering bukanlah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi dalam keadaan radang. sepertihalnya keripik. Karena, makanan yang kering akan membuat tenggorokanmu menjadi iritasi. Sehingga akan memperlambat kesembuhanmu. Kalau sudah begini sih, sebaiknya kamu hindari saja ya! Masih banyak kok makanan lainnya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline