Prinsip-Prinsip Dasar Psikologi Kognitif
Psikologi kognitif melihat proses belajar sebagai sesuatu yang lebih dari sekadar menerima informasi secara pasif. Untuk benar-benar belajar, siswa harus berperan aktif dalam membangun pemahaman dan pengetahuan mereka sendiri.
Teori Belajar Bidang Kognitif (Cognitive Field Theory) dari Lewin
Menurut Kurt Lewin, belajar adalah hasil dari interaksi antara individu dan lingkungannya. Lewin berpendapat bahwa belajar terjadi melalui perubahan dalam "bidang psikologis" atau "bidang kognitif" individu, yang mencakup persepsi, kognisi, emosi, dan motivasi. Lewin menekankan bahwa belajar adalah proses yang dinamis di mana faktor-faktor psikologis dalam diri seseorang saling berpengaruh sepanjang pengalaman belajarnya.
Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Jean Piaget menjelaskan bahwa perkembangan kognitif terdiri dari beberapa tahap:
1. Tahap Sensorimotorik : Di tahap ini, anak-anak belajar melalui pengalaman fisik dan sensorik, seperti melihat, mendengar, dan memegang.
2. Tahap Praoperasional : Anak mulai berpikir secara simbolis, menggunakan bahasa dan gambar untuk memahami lingkungan mereka.
3. Tahap Operasional Konkret : Anak-anak mulai berpikir logis tentang hal-hal konkret dan mulai memahami konsep-konsep seperti konservasi.
Teori Belajar Penemuan Kognitif (Cognitive Discovery Theory) dari Bruner
Jerome Bruner berpendapat bahwa siswa akan lebih efektif belajar jika mereka terlibat aktif dalam menemukan informasi sendiri melalui eksplorasi dan penelitian. Bruner mengidentifikasi tiga tahap perkembangan dalam proses belajar: