Lihat ke Halaman Asli

Menikmati Merdunya “Gayageum” Alat Musik Tradisional Korea

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1350543222155840293

konser orkestra gayageum di daejeon korea art hall

Menikmati merdunya “Gayageum” Alat musik tradisional Korea

Gayageum atau kayagum adalah alat musik tradisional korea yang cara memainkannya dengan di petik karena merupakan alat musik string. Jumlah string yang tersedia di gayageum mulai dari 12 string. Gayageum digunakan mulai jaman raja gashil, pada masa abad ke-6 oleh musisi bernama Wu Ruk.

Pada tanggal 9 oktober 2012 lalu saya berkesempatan menonton secara langsung konser orkestra gayageum di Daejeon Art Hall. Dalam pertunjukan ini saya melihat transisi gayageum dimasa lalu dan masa modern lewat lagu yang dimainkan serta jenis gayageum yang digunakan.

Pada masa kuno gayageum memainkan lalu musik sanjo. Dimana pada konser ini cukup banyak lagu khas yang memang hanya bisa dimainkan di alat musik gayageum.

Gayageum bisa juga memainkan music modern, bahkan di pertunjukan ini gayageum orkestra memainkan lagu yang kerap mengiringi tarian salsa,Tanggo dan swing.

13505432871850246857

kathrien,saya,mijoung onnie (pemain gayageum) dan professor menonton Gayageum konser

Saya merasakan setelah menyaksikan pertunjukan orkestra gayageum ini saya merasakan kedamaian dan keindahan alat musik gayageum membuat saya semakin jatuh cinta ke kebudayaan korea.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline