Lihat ke Halaman Asli

Amalia Kairani Mardiana

Menulis menemukan makna dan menipiskan luka

Melewati Gerbang Ilmu di SMKN 50 Jakarta

Diperbarui: 9 April 2020   10:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kira-kira begini penampakan kelas sederhana yang sempat saya katakan di artikel sebelumnya.Hampir sama dengan ruang kelas lainnya.Bedanya cuma satu,kelas ini adalah kelas satu-satunya di lt.2 yang tidak ada sambungan pintu masuk ke kelas lain di bagian belakang atau sambungan ke pintu lain.

Bisa dibilang,kelas ini lebih lega dan luwes untuk sekadar "Rebahan" kalau istirahat hehe.kedua,kelas ini adalah kelas andalan yang selalu dipakai guru untuk "Shooting" dan praktek pengajaran.Alasannya simpel,karena infokus nya selalu stand by anti macet macet.Jadi,memudahkan sekali untuk kami anak multimedia untuk mendiskusikan project yang diberikan guru lewat "Demo aplikasi" kalau sedang istirahat/jam kosong.

Oh iya,ada beberapa yang saya suka di jurusan ini.pertama,mata pelajaran produktif nya tidak banyak. Di kelas X kami mendapatkan 4 mapel produktif,dan di kls XI kami hanya mendapatkan 2 mapel produktif.

Meskipun terbilang sedikit,saya tidak menjamin tugas produktif maupun diluar produktif sedikit.Itulah salah satu alasan mengapa,ada "Demo Aplikasi" di kelas maupun di Lab.Biasanya demo ini langsung di peragakan oleh Master nya sekaligus guru utama pengajar MM.Dan,dalam "Demo" semua diajarkan benar-benar dari awal.Untuk tugas produktif dan "Demo" tidak memerlukan Laptop masing-masing.karena,sudah difasilitasi oleh sekolah.Karena sekolah dan guru tidak mau memberatkan,maka untuk mapel produktif dilakukan di Lab dan sifatnya harian/Mingguan.Jadi,tugas diselesaikan di hari itu juga.

Untuk pembelajaran,kami lebih mengandalkan teknologi baik dalam mapel produktif maupun diluar produktif. Contohnya,saat kelas X,semua anak MM wajib mempunyai Blog baik dari platform bloggspot,maupun wordpress.Tujuannya satu,jika ada teori/materi baru seperti algoritma,Gerbang logika dan semua materi produktif.Semua dicatat dalam satu blog. Dalam note di blog tersebut,harus murni gaya tulisan sendiri.Nanti,noted yang dituliskan di blog akan dinilai,dikoreksi dan ditampilkan di kelas saat jam mapel tersebut.

Memang sedikit berbeda dari jurusan lain yang ada di SMKN 50 Jakarta.Bukan berarti,kami menjadikan diri ini ekslusif atau istimewa.Bagi kami,semua jurusan yang ada di SMKN 50 Jakarta adalah teman dan saudara kami.Hanya saja,ada beberapa hal yang tidak bisa kami diskusikan dengan mereka.Selain itu,kami mulai berteman dengan mereka seperti ekskul, clasmeet dll.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline