Lihat ke Halaman Asli

Cara Menulis Latar Belakang Penelitian Proposal Skripsi

Diperbarui: 22 Juni 2021   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara Menulis Latar Belakang Penelitian Proposal Skripsi. | Kompas

Hal ini terjadi pada banyak orang termasuk saya sendiri. Dalam menyusun proposal (skripsi) hal mendasar yang wajib dipikirkan adalah latar belakang penelitian (Background of Research), bagian ini adalah bagian tersulit menurut saya, karena kita dituntut untuk mencari permasalahn (case) dan wajib memberi solusi. 

Mencari permasalahan itu sendiri tidak semudah membalikan telapak tangan kan? Perlu perjuangan untuk mendapatkannya, entah dari kehidupan sekitar kita atau dari hal lainnya. Itulah tujuan dari latar belakang penelitian adalah sebagai dasar (landasan) penelitian kita.

Berikut adalah langkah penulisn proposal skripsi (Sastra Inggris):

  • MENUMAKAN PERMASALAHAN

Temukan permasalahan terlebih dahulu sebelum pusing memikirkan judul proposal. Seperti yang saya dan teman-teman alami dulu, kami bukan berpikir untuk menemukan permasalah apa yang akan kita carikan solusinya, tapi lebih dahulu pusing memikirkan judul proposal skirpsi apa yang akan diajukan. 

Baca juga: Rahasia Menyelesaikan Tesis/Skripsi di Masa Pandemi

Kita tidak bisa mencari permasalahan sesuai judul proposal skripsi kita, tapi judul proposalah yang harus sesuai dengan permasalahan yang kita temukan. Permasalahan pun tidak harus rumit, permasalahan bisa berasal dari hal-hal yang kalian sukai, itu dapat membuat kalian lebih semangat mengerjakan proposal skripsi kalian (saya merasa seperti itu J)

Contoh:

Saya menyukai salah satu band metal "Avenged Sevenfold" tapi banyak lirik pada lagu-lagu mereka yang menimbulkan kesalahpahaman dengan arti yang sebenarnya. Banyak kata-kata atau kalimat yang memiliki arti berbeda dalam lirik mereka, yaitu Majas (Figurative Language).

 Jadi saya menemukan permasalahan untuk proposal skripsi saya.

  • CARILAH DATA PENDUKUNG

Setelah menemukan permasalahan hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mencari data pendukung permasalahan kalian. Bisa dari literature, wawancara atau observasi.

Baca juga: Seni Menulis Skripsi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline