Lihat ke Halaman Asli

Saya Bosan Memikirkan Pemuda Indonesia

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya Bosan Memikirkan Pemuda Indonesia

wow, judul nya lumayan keren tuh. terkesan bahwa saya ini bukan seorang pemuda alias udah kakek-kakek peot yang udah gak mampu bertindak lebih optimis dan mantap untuk pemuda. padahal saya ini juga pemuda, yang selalu optimis memperjuangkan dan mencintai bangsa dengan cara saya sendiri. menurut Al-Qur'an, pemuda itu memiliki ciri sebagai berikut :

  1. berani merombak dan bertindak revolusioner terhadap tatanan sistem yang rusak. Seperti kisah pemuda (Nabi) Ibrahim. “Mereka berkata: ‘Siapakah yang (berani) melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami? Se­sungguhnya dia termasuk orang orang yang zalim, Mereka berkata: ‘Kami dengar ada seorang pemuda yang (berani) mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim.” (QS.Al­-Anbiya, 21:59-60).
  2. memiliki standar moralitas (iman), berwawasan, bersatu, optimis dan teguh dalam pendirian serta konsisten dalam dengan perkataan. Seperti tergambar pada kisah Ash-habul Kahfi (para pemuda penghuni gua).“Kami ceritakan kisah me­reka kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda.pe­muda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambah­kan kepada mereka petunjuk; dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri, lalu mereka mengatakan: “Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, se­sungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran” (QS.18: 13-14).
  3. seorang yang tidak berputus-asa, pantang mundur sebelum cita-citanya tercapai. Seperti digambarkan pada pribadi pemuda (Nabi) Musa. “Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai kepertemuan dua buah lautan; atau aku akan ber­jalan sampai bertahun-tahun” (QS. Al-Kahfi,18 : 60).

so, pemuda itu apa ??? pemuda itu adalah seseorang atau individu dalam usia produktif yang mempunyai semangat melakukan perubahan, sosok yang merasa risih ketika melihat hak asasi saudaranya di renggut, sosok aktivis, sosok yang memiliki prinsip hidup yang kuat, sosok yang bertakwa (Menjalankan Perintah Allah dan Menjauhi segala Larangan-Nya) Realita yang ada terhadap pemuda Indonesia :

  • apakah berkelahi atau tawuran adalah perintah Allah ?? jelas tidak.
  • apakah bunuh diri ketika tidak lulus adalah jiwa pemuda ??
  • apakah pemuda kerjaannya itu cuma makan tidur makan tidur ??
  • lalu apakah itu disebut pemuda Indonesia ??

itu lah yang saya sorot terhadap pemuda Indonesia, Pemuda Indonesia seharusnya tidak bersikap seperti itu, pemuda Indonesia adalah ujung tombak negara Indonesia, ketika ujung tombak itu tumpul, maka bersiaplah indonesia hancur. tawuran mencerminkan bahwa pemuda Indonesia itu sangat rapuh dan mudah di adu domba. jika masih saja begitu, mau dibawa kemana Indonesia ?? oke, ini hanya opini dan harapan untuk Pemuda Indonesia, yuk kita share !!! saya mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 | 28 Oktober 2011




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline