Lihat ke Halaman Asli

Kartika E.H.

TERVERIFIKASI

Best in Citizen Journalism 2020

Child in Time dalam Romansa "Lorong Waktu" Museum Penerangan

Diperbarui: 20 Desember 2023   03:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kronik Perjalanan Sejarah TVRI di Museum Penerangan, TMII | @kaekaha

Pernah dengar lagu child in time-nya  band hardrock legend dari Britania Raya, Deep Purple!? 

Itu lho lagu balada legendaris sepanjang 10 menitan yang punya intro nggak kalah panjang dan megah, dengan sound unik yang benar-benar bikin asyik dan cukup enak di dengar telinga , hingga penggalannya sering dijadikan jingle di radio! Kalau belum, silakan klik video YouTube dibawah ya!

Salah satu radio yang secara intens menjadikan child in time jingle untuk mengisi waktu jeda antar program acara adalah Radio Republik Indonesia alias RRI di era 80-an, terkhusus di momen menjelang berita olahraga jam 11 siang dan jam 3 sore.


Kebetulan, karena saat itu saya lagi gandrung-gandrungnya dengan tema-tema olahraga dan memang tidak ada media lain yang bisa saya akses, jadinya momen pemutaran jingle child in time-nya Deep Purple yang sehari minimal dua kali saya dengar jadi begitu melekat pada ingatan saya, meskipun sebenarnya saat itu saya sama sekali tidak mengetahui latar belakang lagu itu, termasuk judul dan penyanyinya.

Saya baru tahu kalau itu lagunya Deep Purple dan berjudul Child in Time plus pernah rilis sekaligus nge-hits di awal-awal dekade 70-an ketika duduk dibangku SMP, di awal dekade 90-an ketika saya mulai menyukai dunia musik, khususnya musik rock, gara-gara keseringan mengikuti program-program khususnya di radio DCS FM, satu-satunya radio FM di seputaran Kota dan karesidenan Madiun saat itu.

Catatan Perjalanan Panjang RRI di Museum Penerangan, TMII | @kaekaha

Kenangan akan lagu Child in Time sebagai jingle pengisi waktu sebelum berita olahraga itu tiba-tiba hadir dan menyeruak kembali ke ingatan, ketika tiba-tiba saya serasa masuk ke "lorong waktu" yang kembali mempertemukan saya dengan  berbagai pernak-pernik   penanda jaman, tepat di masa kanak-kanak saya alias masa kecil saya  di akhir-akhir era 80-an dan awal-awal era 90-an saat menjelajahi museum penerangan.

Di museum yang dikelola Kementerian Komunikasi dan informasi yang di era pemerintahan orde lama dan orde  baru dilabeli sebagai Departemen Penerangan di TMII ini, selain lagu child in time, salah satu masterpiece-nya Deep Purple yang sudah pasti akan semakin kuat vibes-nya jika berdampingan dengan kronik perjalanan panjang RRI ini, juga mengumpulkan, mempelajari, menggelar dan merawat objek sejarah penerangan dan komunikasi.

 

Diorama Lokasi Syuting Film Boneka Si Unyil di Museum Penerangan, TMII | @kaekaha

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline