Lihat ke Halaman Asli

Kartika E.H.

TERVERIFIKASI

Best in Citizen Journalism 2020

Pulau Siompu dan Si-Mata Biru, "Jejak Cinta" Bangsa Portugis nan Eksotis

Diperbarui: 2 Maret 2020   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pulau Siompu (goodnewsfromindonesia.id)

Mendengar nama Pulau Siompu apalagi tanpa keterangan sebagai bagian dari Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara sepertinya akan banyak diantara kita yang akan menggeleng-gelengkan kepala sambil mengerutkan dahi, dilanjut dengan berucap "Dimana (letak pulau Siompu) itu?"

Kalaupun ada yang tahu atau setidaknya merasa pernah mendengar, mungkin karena kejadian langka nan menghebohkan yang menimpa Muhammaad Idul, bocah asal Pulau Siompu yang diserang Ikan Sori /Ikan Marlin Hitam (Makaira indica) saat memancing ikan di perairan  Pulau Siompu yang berjarak sekitar 4 km dari bibir pantai di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara di pertengahan Januari yang lalu. 

Ikan Marlin Hitam (Makaira indica)

Ada yang ingat?

Kisah serangan Ikan Sori atau Ikan Marlin Hitam (Makaira indica) ini menjadi heboh karena moncong ikan marlin itu menancap di leher Muhammaad Idul sampai selama 2 hari dan baru bisa terlepas setelah dilakukan tindakan operasi oleh tim dokter dari RS. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kejadian bermula ketika Muhammad Idul dan kawannya yang memancing di malam hari tiba-tiba diserang ikan Sori atau Ikan Marlin Hitam  (Makaira indica). 

Nahasnya, serangan mendadak dari ikan yang menurut peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Selvia Oktaviyani, tergolong ikan pelagis, predator (billfish), tipe perenang cepat yang agresif dan selalu menggunakan moncongnya yang panjang dan tajam untuk membunuh mangsa itu, melompat tepat kearah  Muhammad Idul dan moncong tajam Ikan yang bisa tumbuh sampai sepanjang 5 meter dengan bobot sampai diatas 700 kg ini menusuk leher sampai sedalam 15 cm.

Muhammad Idul dan Kepala Ikan yang Masih Menancap (detik.net.id)

Artinya, ketika dirujuk dari RS. Siloam Bau-Bau menuju RS. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Makassar dengan menggunakan pesawat udara, Ikan Sori atau Ikan Marlin (Istiompax indica) itu sengaja dibiarkan tetap menancap di leher Muhammaad Idul dan akhirnya terlepas setelah dilakukan tindakan operasi oleh tim dokter. Wooow, sedikit horor juga ya! Bagaimana? Sudah mulai ingat atau mengenali Pulau Siompu?

Pulau Siompu "surga bawah air yang tersembunyi" di Sulawesi Tenggara

Pulau Siompu merupakan salah satu pulau kecil yang masuk dalam wilayah Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau seluas sekitar 60 km persegi yang oleh penikmat olahraga bawah air dijuluki sebagai "surga bawah air yang tersembunyi" dengan spot terkenal salah satunya Tongali Ridge ini, terbagi menjadi dua kecamatan Siompu Timur dan Siompu Barat dan letaknya persis di bagian barat daya Pulau Buton, pulau terbesar di gugusan pulau-pulau di bagian tenggara daratan Sulawesi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline