Lihat ke Halaman Asli

Pemimpin Muda: Harus Kita Apakan?

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hari ini, tanggal 12 April 2011, kab Tanjung Jabung Timur mempunyai sosok pemimpin baru. Dia lah Zumi Zola, S.TP, MA. Bupati terpilih untuk periode 2011-2016.

Bukan menyoal siapa Zumi Zola, akan tetapi menyoal tentang umur Zumi Zola. Lahir 31 Maret 1980, berarti berumur 31 tahun, Zumi Zola sudah didaulat mempin bumi sepucuk nipah serumpun nibung di pesisir pantai timur pulau Sumatera.

Pemimpin Muda.... itulah yang ada di benak saya. Bagaimana pemimpin muda ini akan berkiprah.? semoga keraguan beberapa elemen masyarakat tentang kapabilitasnya bisa dijawab dengan kinerja yang bagus...

Kita berharap, Zumi Zola (baca : pemimpin muda) harus mampu berbicara tentang persamaan bukannya perbedaan. Mampu berbicara tentang ide-ide bukan tentang figur-figur. Mampu bicara kinerja bukan bicara janji-janji. Mampu bicara kekompakan bukan nya differensiasi.

Pemimpin Muda harus menyadari akar masa lalunya dan punya mimpi besar tentang masa depan. Pemimpin muda harus mampu menjadi kontributor peradaban yang lebih besar dibanding hanya untuk kabuaptennya saja.

Umar Bin Khattab pernah mengatakan : " setiap kali saya menghadapi masalah-masalah besar yang kupanggil adalah anak muda".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline