Lihat ke Halaman Asli

Nayu Lydia

A Sculptor and Freelance Writer

Mengenal Parallel Parenting dan Cara Menjalankannya

Diperbarui: 31 Januari 2024   20:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pexels/Agung Pandir Wiguna

Perceraian orang tua bukanlah hal yang mudah bagi seorang anak. Pasca perceraian, akan ada banyak hal yang berubah tak terkecuali bagi kehidupan sang anak.

Akan ada fase adaptasi dengan keluarga mereka, dimana mereka harus memulai sesuatu yang baru dan mungkin awalnya akan terasa sulit. Namun, bagaimanapun juga meski telah bercerai, sepasang mantan suami istri tak akan lepas dari anak-anak mereka. Salah satunya ialah dalam membesarkannya.

Tak sedikit seorang anak yang mengalami gangguan mental akibat perceraian kedua orang tua. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi orang tua perlu kompak dalam menentukan pola asuh untuk anak-anaknya.

Ada sebuah istilah yang bernama parallel parenting untuk menyebut pola asuh pasca orang tua bercerai. Melansir dari Very Well Family, parallel parenting adalah metode pola asuh orang tua yang dilakukan pasca bercerai dengan merencanakan pengasuhan secara tertulis. Metode ini memungkinkan anak untuk tetap menghabiskan waktu bersama orang tua mereka meski keduanya telah berpisah.

Berikut tips melakukan parallel parenting yang bisa ayah dan bunda coba.

1. Menyusun rencana pengasuhan
Salah satu cara untuk melakukan parallel parenting adalah menyusun rencana pengasuhan bersama mantan pasangan. Dokumen tertulis pada rencana pengasuhan yakni mengenai pola asuh dalam membesarkan anak secara terpisah.

Rencana tersebut meliputi jadwal penjemputan anak, kebutuhan sekolah mereka, liburan hingga kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama orang tuanya.

2. Menjadi lebih spesifik
Menentukan pergantian pengasuhan terkadang tidaklah mudah. Namun, dalam melakukan parallel parenting orang tua harus lebih spesifik dalam menyusun rencana pergantian pengasuhan.

Misalnya, menentukan kapan dan dimana untuk menghabisi quality time bersama anak-anak. Memperinci bergantian untuk mendampingi anak pada acara tertentu di sekolah dan kebutuhan lainnya. Hal ini untuk mendukung agar anak tetap mendapat perhatian penuh dari orang tua dan tidak merasa kehilangan peran orang tua di dalam hidup mereka.

Diungkapkan pula, dalam Australian Family Lawyers, komunikasi kedua orang tua dalam menjalani parallel parenting sangatlah penting dan dapat dilakukan dengan menyusun jadwal kalender interaktif. Cara ini diupayakan agar metode parallel parenting dapat berjalan dengan baik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline