Lihat ke Halaman Asli

Nayu Lydia

A Sculptor and Freelance Writer

Mengenal Body Dysmorphic yang Dialami Megan Fox

Diperbarui: 6 Juni 2023   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Instagram/@meganfox

Bagi sebagian besar orang, terutama wanita penampilan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Pasalnya, penampilan menunjang kepercayaan diri seseorang. Jika mereka sudah puas dengan penampilan mereka, maka kepercayaan diri pun akan merekah. 

Tetapi, ada saja orang yang masih merasa kurang bahkan tidak puas dengan penampilan diri sendiri hingga melakukan sesuatu yang ekstrem. Salah satunya seperti operasi plastik. 

Baru-baru ini aktris cantik Megan Fox mengejutkan publik atas pengakuan dirinya yang mengalami Body Dysmorphic Disorder (BDD). 

Dalam sebuah wawancara bersama Sports Illustrated Swimsuit 2023. Megan mengatakan, "Saya menderita dysmorphic tubuh. Saya tidak pernah melihat diri saya seperti orang lain melihat saya. Tidak pernah ada titik dalam hidup saya dimana saya mencintai tubuh saya," Akunya. 

Megan mengakui bahwa ia kerap merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya, terlebih saat bercermin. Ia merasa tidak percaya diri. 

Lalu, apa sih Body Dysmorphic Disorder?

Mengutip dari alodokter.com Gangguan dismorfik tubuh atau body dysmorphic disorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan gejala berupa rasa cemas berlebihan terhadap kelemahan atau kekurangan dari penampilan fisik diri sendiri. 

Orang yang mengalami gangguan ini sering memeriksa penampilan mereka di cermin dan sibuk membandingkan penampilannya dengan orang lain. 

Penderita BDD tidak akan pernah merasa puas dengan penampilannya dan terobsesi untuk memperbaiki kekurangan yang sebenarnya tak nampak jika dilihat orang lain. 

Penyebab

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline