Lihat ke Halaman Asli

Nayu Lydia

A Sculptor and Freelance Writer

Mengenal Sleep Training, Gaya Parenting yang Dilakukan Nikita Willy pada Baby Issa

Diperbarui: 27 Mei 2023   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: instagram/@nikitawillyofficial94

Dalam suatu acara bincang-bincang, artis dan pesinetron cantik Nikita Willy menceritakan gaya pengasuhan yang diterapkan oleh dirinya, salah satunya metode sleep training. 

Nikita mengatakan, ia baru mengetahui sleep training saat baby Issa berumur 10 bulan dan sekarang si kecil sudah punya jadwal rutin sehingga Nikita lebih bisa menikmati quality time bersama suami. 

Pembahasan yang ramai di sosial media ini menyita perhatian publik, lalu apa sih sleep training dan bagaimana menerapkannya? 

Apa itu sleep training? 

Sleep training atau latihan tidur adalah sebuah metode pelatihan bayi agar bisa tidur sendiri dengan tenang dan tanpa bantuan sehingga ia bisa mempunyai kualitas tidur yang baik. Bahkan saat ia terbangun di tengah-tengah tidurnya ia akan menenangkan diri dan tertidur kembali. Hal ini juga meminimalisir tangisan si kecil lho. 

Praktik sleep training sudah tak asing lagi di dunia Barat. Penerapan metode ini tak hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi juga pada orang tua. Seperti menghindarkan bayi dari insomnia pediatrik dan meminimalisir terjadinya masalah mental pada orang tua seperti stres, baby blues hingga kesehatan fisik yang buruk. 

Kapan waktu tepat melakukannya? 

Umumnya sleep training sudah bisa dilakukan pada bayi berusia 4-6 bulan. Dan usia 6 bulan disepakati sebagai usia yang baik untuk memulai sleep training karena pada usia tersebut fisik bayi sudah lebih kuat untuk dapat tidur 6 hingga 8 jam pada malam hari tanpa diselingi makan dan dampingan orang tua. 

Metode dan cara melakukannya

1. Cry itu out (CIO) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline