Lihat ke Halaman Asli

Nayu Lydia

A Sculptor and Freelance Writer

Cara Melatih Mindfulness, Kunci Tetap Waras Menghadapi Realita Hidup

Diperbarui: 24 Mei 2023   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pexels/Ellina Fairytale

Perjalanan hidup tidak selalu mulus-mulus saja, ada kalanya kita berada di fase up and down. Menghadapi kenyataan hidup yang tidak sesuai dengan harapan kita tidaklah mudah. Butuh kesadaran penuh sampai kita bisa menerima apa yang terjadi di dalam hidup. Untuk mencapai hal itu, salah satunya adalah dengan menerapkan mindfulness di dalam kehidupan sehari-hari. 

Dilansir dari sehatq, mindfulness adalah cara untuk memusatkan perhatian sepenuhnya kepada masa sekarang agar kita tidak terpaku pada masa lalu atau melayang terlalu jauh ke masa depan.

Mindfulness dapat melatih ketenangan pikiran  dengan mengharuskan fokus pada rangsangan sensorik yang kita alami pada saat ini. Seperti mendengarkan detak jantung, mencium aroma tubuh sendiri, merasakan dinginnya suhu ruangan AC hingga memerhatikan hal-hal kecil di sekitar. 

Sebagai manusia wajar saja jika kita membayangkan sesuatu yang belum terjadi di masa depan atau mengingat apa yang pernah terjadi di masa lalu. Hal itu terkadang mengalihkan fokus kita. Tujuan menerapkan mindfulness adalah agar kita bisa mengontrol pikiran kita, membuat prioritas dan menyisihkan hal-hal yang tidak penting untuk dipikirkan sehingga dapat mengurangi gejala stres. 

Mindfulness adalah cara untuk membimbing pikiran kembali fokus pada masa kini dan menjalani realita dengan kesadaran penuh. 

Apa saja manfaatnya? 

1. Mengurangi stres

Mindfulness adalah bentuk perhatian tanpa penghakiman, itu artinya kita menerima dengan baik apa yang terjadi saat ini tanpa menyangkal dan mengeluh. Berlatih mindfulness dapat membantu kita menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan, serta mengelolanya dengan cara yang positif. Pengelolaan pikiran dan perasaan yang tepat inilah yang akan mengurangi kecemasan dan stres. 

2. Meningkatkan mood

Melakukan mindfulness mampu meningkatkan suasana hati dan memori kerja. seperti pengambilan keputusan dan penyimpanan informasi dengan baik. Mindfulness pun membantu kita tetap tenang dan menjaga kondisi emosional dalam menghadapi segala situasi dan masalah apapun. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline