Lihat ke Halaman Asli

KadekNoviani

Mahasiswa

Strategi Komunikasi Pemasaran di Media Sosial Instagram

Diperbarui: 12 Januari 2023   00:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ilmu komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator kepada komunikan melalui berbagai media. Kemudian, ilmu komunikasi juga memberikan wawasan yang luas tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dan benar. Serta memperluas ide dan pikiran yang dimilliki seseorang kepada orang lain. Sehingga, pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. 

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya semua orang melakukan komunikasi, dan tidak diketahui sebenarnya komunikasi dapat mengurangi dampak konflik yang terjadi. Komunikasi dapat terjadi bila baik pengirim dan penerima informasi mampu memahami dan mengolah informasi yang disampaikan. Proses komunikasi ini dapat dilakukan melalui media.

Dalam melakukan komunikasi via media, baik antar perseorangan maupun media massa, terdapat perubahan respon terhadap informasi yang akan disampaikan. Seperti media sosial pastinya sangat wort it untuk memasarkan suatu produk, dengan melakukan pemasaran online atau pemasaran interaktif, agar dapat meningkatkan penjualan. Dapat diketahui dalam penyampaian informasi dapat dilakukan secara verbal atau non verbal. 

Dalam penyampaian informasi non verbal pada media pastinya kita harus memiliki suatu strategi agar penyampaian tersebut tersampiakan secara efektif. Komunikasi yang efektif merupakan faktor yang penting dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain, serta menjadi beteng diri agar tidak terisolasi dalam lingkungan masyarakat. Dan, dapat memahami situasi yang terjadi, lalu dapat juga megubah sikap maupun perilaku orang lain. Dalam Strategi komunikasi pemasaran dalam media sosial yaitu instagram pastinya harus memiliki strategi pemasaran agar produk yang kita tawarkan memiliki nilai jual.
 
Dalam strategi komunikasi sangat berkaitan akan manajemen komunikasi, dimana strategi komunikasi ini merupakan perencanaan dalam penyampaian pesan melalui kombinasi berbagai unsur komunikasi seperti frekuensi , formalitas, isi dan saluran komunikasi sehingga pesan yang disampaikan mudah diterima dan dipahami serta dapat mengubah sikap atau perilaku sesuai dengan tujuan komunikasi. Dalam manajemen komunikasi juga dijadikan sarana informasi yang membentuk cara orang lain dalam berinteraksi. Salah satu strategi yang harus diperhatikan yaitu strategi  dalam melakukan komunikasi pemasaran.  

Komunikasi pemasaran menjadi salah satu kegiatan pemasaran yang berperan penting dalam perusaan. Oleh karena itu , Penerapan strategi dalam komunikasi pemasaran sangat penting agar komunikasi yang disampaikan berjalan efektif dan dapat membangun kesadaran masyarakat sesuai tujuan yang hendak dicapai.

Dengan melakukan strategi komunikasi pemasaran di media sosial pada media online seperti blog, twitter, youtube, facebook, whatshap, instagram maupun jejaring sosial, dapat memudahkan melakukan pemasaran produk yang dimiliki. Instagrams sangat tepat untuk dijadikan comercial pemasaran produk. Karna pelaku bisnis dapat berinteraksi secara lansung dengan konsumen yang menjadi pengikutnya maupun calon konsumen yang belum menjadi pengikutnya. Selain itu, banyak juga yang pengguna instagram  disetiap kalangan. 

Dengan memiliki banyak fitur-fitur yang dapat didukung dalam kegiatan strategi komunikasi pemasaran, instagram juga memiki akun khusus yang dapat digunakan untuk keperluan pemasaran yaitu Instagram for Business.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline