Lihat ke Halaman Asli

Melukat, Penyucian Diri di Pura Taman Petirtan Mumbul

Diperbarui: 19 Agustus 2023   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi

Pura Taman Petirtan Mumbul Desa Anturan terletak di Jl. Raya Anturan, Anturan, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Pura Taman Petirtan Mumbul merupakan pura yang memiliki sumber mata air alami dalam tanah. Sumber mata air ini menjadi air suci yang digunakan dalam upacara melukat atau penyucian/pembersihan diri. Sumber mata air ini juga mengairi kolam pemandian yang ada di Pura Taman Petirtan Mumbul dan lahan pertanian warga. 

Prosesi Melukat di Pura Taman Petirtan Mumbul

Pengunjung dapat mandi dan berendam di kolam pemandian pura dengan tetap menjaga kebersihan pura. Selain itu, pengunjung yang ingin melakukan upacara melukat di Pura Taman Petirtan Mumbul dapat menghubungi Pemangku Pura Taman Petirtan Mumbul dan memilih hari baik untuk melaksanakan upacara melukat. Pakaian yang digunakan dalam upacara melukat adalah pakaian adat madya (bawahan kamen dan atasan bebas sopan) atau pakaian adat ke pura.

Sarana upakara yang perlu dipersiapkan untuk melukat di Pura Taman Petirtan Mumbul adalah peras pejati maupun apejatian/pejati, sebelas jenis bunga, tiga pucuk daun dap-dap, tiga helai daun ilalang, dan satu tangkai bunga teratai. Selama berada dan melakukan upacara melukat pengunjung diharapkan menjaga sopan santun dan tutur kata.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline