Lihat ke Halaman Asli

Lely Tri Yuswanto

Design Teacher/Guru Pengerak 8/SMK Negeri 1 Tamanan

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hajar Dewantara

Diperbarui: 10 Desember 2023   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

lely tri yuswanto

Metafora atau perlambang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril, 2018). Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun tentu akan menyenangkan.

lely tri yuswanto

Infografis adalah media informasi yang dapat berbentuk teks dengan perpaduan gambar, grafik, ilustrasi, dan tipografi. Biasanya, infografis digunakan untuk merepresentasikan data agar penyajiannya mudah untuk dipahami dan dibaca. Infografik atau dalam bahasa inggris berasal dari kata infographic, juga sangat identik dengan penambahan data dalam bentuk angka yang dikemas dalam berbagai paduan warna desain yang menarik. Hal tersebut dapat membuat konten anda menjadi lebih interaktif, estetik, dan atraktif di mata pembaca. 

lely tri yuswanto

Karya infografis yang saya buat merupakan sebuah perumpamaan yang digunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran KHD. Isinya memaparkan penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD. Menyampaikan alasan yang kontekstual mengenai penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD. Mendemonstrasikan hasil penerapan ide/gagasan terkait pemikiran KHD secara kontekstual. Menyampaikan tantangan dan solusi penerapan pemikiran KHD sesuai dengan konteks kelas dan sekolah. Penyampaian Materi yaitu menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat (SPOK). Menyampaikan pesan secara terstruktur dan sistematis (alur materi mudah dipahami). Menggunakan pendukung visual dalam presentasi sebagai penguat pemaparan pemahaman. dan mmendemonstrasikan diri secara lugas dan kontekstual.

lely tri yuswanto

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline