Lihat ke Halaman Asli

KAMIL ICHSAN

TERVERIFIKASI

Socio Hippies

Medsos, Kita dan Kebencian yang Tergesa-gesa

Diperbarui: 8 April 2018   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber ilustrasi: pagetrafficbuzz.com/

Banyak dari kita tentu sering menggunakan media sosial sebagai mercusuar dalam pencarian informasi, menyebar informasi atau kegiatan berbagi lainnya. Namun tak jarang, apa yang kita dapatkan (Informasi) dan kita sebarkan merupakan gerak spontan dengan analisis sederhana. Sederhana disini mencakup 2 hal: 1. suka atau tidak suka dan 2. Perlu atau tidak perlu. Atau apapun alasannya itu, yang jelas fungsi media sosial memang untuk ber-sosial bukan?

Saya pribadi beberapa tahun terakhir sangat gemar menggunakan Twitter sebagai media beraktifitas di internet. Facebook bagi saya sudah seperti pasar yang diisi pedagang yang cerewet. Hahahaha. Realtime system yang disuguhkan twitter dalam menyampaikan informasi sangat menarik bagi saya, tidak menumpuk seperti beranda facebook. Oke, perbandingan antara twitter dan facebook secara pribadi menurut saya cukup sampai disini.

Bicara tentang bersosialisasi tidak cukup hanya sekedar “temu-sapa” ada hal lain yang sering atau kadang kita lakukan, yakni komentar. Facebook bagi saya sudah seperti pasar yang diisi pedagang yang cerewet. Jadi gini, beberapa waktu yang lalu saya menjumpai salah satu teman yang men-share berita (salah satu contohnya) tentang isu Pemkot Solo yang melarang para staff-nya melasanakan buka puasa bersama dan halal bihalal. Loh kok, kenapa’e buka puasa bersama dan halal-bihalal pake dilarang?. Lantas, Netizen pun ramai menanggapinya, melalui komen, semua amarah dan kebencian dituliskan. Duh.. kok jadi gini yah.

Setelah itu saya cari tahu kejelasan berita/informasi tersebut. Ternyata benar dugaan saya, ada yang aneh dari berita tersebut. Yang benar adalah, bahwa Pemkot solo melarang para staffnya mengadakan buka puasa bersama dan halal-bihalal dengan menggunakan dana APBD. Jadi, selain dana APBD (urunan, patungan) sah-sah saja dilakukan.

Framing dalam melihat berita atau pun menyampaikan pada dasarnya sih sah-sah saja dilakukan, asal tidak keluar dari fakta yang ada. Karena, informasi yang salah disampaikan akan berujung pada opini yang salah ditangkap.

Atau, dilain kasus, kita masih ingat ketika awal puasa kemarin, perkara saling harga-menghargai, siapa yang paling berhak dihargai antara orang yang berpuasa atau yang tidak berpuasa. Kicauan yang sebenarnya cukup bijak disampaikan oleh Menteri Agama kita ini kemudian diplesetkan (oleh orang tak bertanggungjawab) dengan logika, “Bahwa Menteri Agama menyuruh orang yang berpuasa untuk menghargai orang yang tidak berpuasa”. 

Alhasil, berita tersebut menuai bullying di sosial media. Padahal sebenarnya, Pak Menteri hanya mencoba memberikan mauidzoh hasanah kepada rakyatnya untuk sama-sama saling menghargai, saling menghormati dan tidak terlalu meributkan siapa yang paling dahulu dihormati.

Walaupun akhirnya, Pak Lukman sudah melakukan klarifikasi bahwa sebenarnya hal tersebut tidak benar dan twitnya sudah ada yang "merubah" sehingga substansi/maknanya jadi berbeda. Walaupun begitu, statemen salah tersebut sudah terlanjur jadi bahan ledekan di Media sosial, oleh siapa? oleh para netizen yang males mencari informasi/fakta yang benar soal isu tersebut.

Sama halnya dengan kasus yang akhir-akhir ini ramai soal kerusuhan? di #Tolikara, perihal terjadinya pembakaran Rumah Ibadah saat Idul Fitri kemarin, beritanya pun simpang siur, ada banyak versi yang bertebaran di Media Sosial sejauh yang saya pahami, diantaranya ada yang bilang Masjid yang terbakar, ada pula yang bilang Mushala, Ruko atau Pasar.

Pemicu kerusuhan pun sama simpang siurnya, Disebabkan karena urusan speaker Masjid atau urusan politik. Entah dari kalangan Nasrani atau Muslim yang menjadi korban di sana, yang jelas, konflik yang berbau sara jika didiamkan terlalu lama hanya akan melahirkan opini-opini yang semakin memperkeruh keadaan.

Suka atau tidak, hendaknya kita tahan dulu hasrat untuk beragumen tentang hal-hal yang belum jelas. Benci pelakunya tidak harus membenci Ras atau Agama/golongannya. Mengutuk perbuatannya tidak lantas menyamaratakan prasangka buruk terhadap golongan/kelompoknya. Dalam hal ini, kita perlu kedewasaan dan rasa percaya yang tinggi kepada pihak berwenang untuk menyelesaikannya.

Media merupakan corong penting penyebaran informasi, dalam menyuguhkan informasi mengenai sebuah peristiwa ada banyak angle yang dapat diangkat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline