Cerita keberhasilan IB Ice Cream, Manisnya Usaha Es Krim
Rasa- rasanya nyaris seluruh orang menggemari menyantap es krim. Tua, muda, pria, wanita banyak yang menggandrungi rasa manis nan fresh kudapan beku yang satu ini. Kepopuleran es krim membuat pemain di industri ini amat berjenis- jenis, mulai dari skala usaha rumahan hingga industri publik. Tidak terkecuali dengan Iwan Bomba yang merintis usaha es krim sejak 2013.
Bermula dari menu unggulan, Iwan Bomba memikirkan merintis IB Ice Cream. Bukan tanpa hambatan, Iwan Bomba mengawalinya produksinya hanya dengan mengandalkan mesin es krim rumahan. Juga, dirinya mesti mengerjakan eksperimen formula sampai walhasil menghasilkan paduan formula serta takaran yang sangat cocok buat peruntukan formula utama produk es krim IB Ice Cream.
" Modal dini kala itu aku temukan dengan meminjam, serta aku pakai buat membeli mesin es krim rumahan yang biayanya dekat Rp6 juta. Dan sebagian kelengkapan serta bahan yang lain," kata Iwan Bomba.
Sementara itu skala usahanya terbilang kecil, malah inilah keunggulan IB Ice Cream diperbandingkan dengan merek- merek besar yang dibuat secara massal mengenakan mesin mutahir. Alasannya, es krim ini masih diproses secara rumahan serta mengenakan bahan- bahan alami sehingga lebih sehat buat disantap.
Selaku merk baru, Iwan Bomba mengakui perlu beragam tata cara supaya IB Ice Cream lebih dikenal oleh warga. Salah satu format pemasarannya antara lain melalui media sosial Instagram hingga menjajaki bazar. Setelah itu bekerjasama dengan beragam pihak, sampai bekerja sama dengan suatu coffee shop buat memasarkan IB Ice Cream di kedai mereka.
" Setelah 2 tahun di coffee shop, hasilnya aku memiliki gerai sendiri di bilangan Bintaro," tambah Iwan Bomba.
Omzet Semanis Es Krim
Bermacam momentum besar pula dimanfaatkan Iwan Bomba buat unjuk gigi. Dirinya pula mengemas es krim buatannya dalam wujud hantaran( hampers) pada kala Lebaran ataupun Natal. Dengan demikian itu, produk yang ditawarkan lebih menarik serta penuhi keperluan konsumen.
Sehabis itu, pada periode tersebut omzet IB Ice Cream dapat meroket hingga 3 kali lipat dibanding dengan penjualan di bulan lain. Sampai saat ini, rata- rata omzet yang diciptakan per bulannya menggapai Rp1 juta hingga Rp5 juta. Sementara itu penjualan senantiasa berjalan, pandemi COVID- 19 tidak ayal senantiasa membagikan imbas pada model bisnis IB Ice Cream.