Lihat ke Halaman Asli

Kabar HotelTerkini

Informasi Hotel Indonesia

Yopi Adhi Putranto, Cluster Marketing Communications Manager yang Memulai Karier dari Graphic Designer

Diperbarui: 9 Maret 2023   11:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

(Yogyakarta, 9 Maret 2022 ) Yopi adalah nama panggilan akrab dari sosok yang pernah mengawali posisi sebagai Graphic Designer di salah satu Hotel di Yogyakarta. Sebelumnya karir menjadi Marketing Communications Manager lelaki ini adalah seorang yang berkecimpung di dunia desain komunikasi visual ( DKV ) dengan background D3 DKV Modern School of Design Yogyakarta ( MSD ). Karir tersebut dimulai dari tahun 2013 - 2017 lelaki ini menjadi Graphic Design di Accor Hotels.

Nyaman di dunia perhotelan kemudian berlanjut memulai karir lagi sebagai designer di salah satu hotel BUMN milik PT Pegadaian Persero di tahun 2017 yakni Pesonna Hotels. Seiring berjalannya waktu dan karena tuntutan pekerjaan dan diwajibkan untuk Multi Tasking, lelaki ini mendalami dunia Public Relations yang sampai sekarang menjadi profesinya. Dan kini menjabat sebagai Cluster Marketing Communications Manager di KHAS Malioboro Hotel dan KHAS Tugu Hotel yang merupakan Hotel BUMN milik PT WIKA Realty.

Menurut Yopi, dunia Pubic Relations mengajarkan berbagai banyak hal yang tidak dimiliki ketika menjadi profesi Desain Grafis, yakni harus berinteraksi dengan banyak orang, membuat event, dan kerjasama dengan stakeholder yang memiliki berbagai macam kepentingan. " Dulu saya orangnya introvert, tetapi saya bisa melawan itu menjadi sebuah tantangan yang harus saya pecahkan,  kini saya menikmati proses itu dan menjadi sosok yang tidak tau malu " Ucap Yopi Adhi Putranto.

Memulai karir menjadi Desain Grafis dan kini menjadi PR merupakan kerja keras dari lelaki yang hobby membuat kontent tersebut. Apalagi di dunia digital seperti ini diwajibkan seorang PR harus gerak cepat membaca situasi pasar dan mengaplikasikan dalam sebuah kontent yang interaktif, menarik dan dapat menjadi daya tarik audience. 

" Saya bersyukur mempunyai keahlian editing, design, photography dan videografi, karena saat inilah yang dibutuhkan Perusahaan untuk mempublikasikan ke audience sebagai ujung tombak meningkatkan Brand Awareness di Era Digital seperti ini" kata lelaki humoris ini.

Dan kini Yopi sangat menikmati dunia Public Relations, karena sangat dinamis dan berbagai macam kegiatan bisa dilakukan untuk dapat meningkatkan Brand,  mengkorvesi publikasi konten menjadi sales, dan berkolaborasi dengan stakeholder membuat event yang dapat mengangkat dunia pariwisata di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline