Lihat ke Halaman Asli

Kabar Bali Terkini

Kebar Terkini Dari Bali

Bantu Wujudkan Desa Digital, Dosen STIKI Indonesia Implementasikan E-Disposisi di Desa Kukuh Kerambitan

Diperbarui: 23 Desember 2020   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

TABANAN - Untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi pada tata kelola pemerintahan desa, Tim Pengabdian Maysarakat Dosen STIKI Indonesia yang terdiri dari I Putu Susila Handika, I Kadek Susila Satwika, dan I Nyoman Buda Hartawan membantu mengembangkan aplikasi serta memberikan pelatihan penggunaan aplikasi e-disposisi surat di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Pelaksanaan pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2020 yang bertempat di kantor Desa. Pada kegiatan itu dihadiri langsung oleh Perbekel Desa Kukuh I Nyoman Widhi Adyana beserta beberapa perangkat desa. Materi pelatihan yang diberikan terdiri dari proses menyimpan data surat masuk, proses disposisi surat, proses pelaporan kegiatan, serta proses dokumentasi surat.

Pelaksanaan kegiatan PKM ini sangat didukung oleh perbekel Desa Kukuh karena sesuai dengan salah misinya, yaitu pemanfaatan teknologi termasuk teknologi informasi dalam rangka memperkuat data desa menuju desa pintar (smart village) dan desa digital (digital village) dengan prinsip-prinsip validitas data. Peserta pelatihan juga sangat antusias dalam mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi e-disposisi, karena menurut mereka penggunaan aplikasi ini dapat membantu mengelola surat yang masuk ke Desa Kukuh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline