Lihat ke Halaman Asli

Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Sejak Dini

Diperbarui: 28 Oktober 2021   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Cinta tanah air dapat didefinisikan sebagai perasaan bangga dan rasa memiliki sebuah wilayah tempat ia dilahirkan. Perasaan ini dapat diwujudkan dalam sikap rela berkorban untuk melindungi wilayahnya dari berbagai ganggungan dan ancaman. Rasa cinta tanah air begitu penting sehingga menjadikannya sifat alamiah manusia yang dimiliki sejak lahir. Oleh sebab itu cinta tanah air perlu di tumbuh kembangkan dalam jiwa setiap seseorang sejak dini untuk menjadi warga negara yang baik dalam menjalankan tujuan hidup bersama agar tercapai sikap berkorban dan perasaan bangga terhadap tanah air nya sendiri.

Sikap cinta tanah air perlu di tanamkan pada jiwa seseorang sejak usia dini, tujuannya agar saat mereka sudah tumbuh dewasa nanti dapat menghargai dan menghormati negara yang menjadi tempat nya lahir dan tumbuh kembang hingga dewasa. Mengingat akan pentingnya rasa cinta tanah air maka terdapat beberapa cara untuk mananamkan sikap cinta tanah air, diantaranya yaitu:

  • Menyanyikan lagu kebangsaan setiap upacara bendera dan peringatan hari besar Nasional

Menyanyikan lagu kebangsaan menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Kegiatan ini harus dibiasakan dan diajarkan sedari dini, mulai dari membiasakan anak anak untuk mendengarkan lagu kebangsaan dan mengajarkan mereka untuk mengikuti upacara bendera sejak duduk dibangku sekolah. Kebiasaan ini tentunya akan menimbulkan rasa bangga memiliki bangsa yang besar dengan sejarah perjuangan yang panjang di dalamnya.

  • Mengenalkan aneka kebudayaan bangsa dan budaya masyarakat setempat

Indonesia memiliki beragam suku dan budaya, keragaman ini lah yang menjadikan daya tarik Indonesia di mata dunia. Meskipun berbeda-beda, sedari dulu para pendiri bangsa telah menanamkan sikap persatuan dan saling menghargai, oleh sebab itu mengenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak sejak dini memilik berbagai macam manfaat, diantaranya yaitu mewujudkan sikap bangga memiliki kebudayaan yang beragam, sebagai cara untuk tetap melestarikan budaya tersebut agar tidak terkikis karena perkembangan zaman.

  • Mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri

Mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri sangat penting dan perlu diajarkan sedari dini kepada para generasi muda, karena di era globalisasi seperti saat ini, kebanyakan generasi muda lebih bangga menggunakan produk luar negeri, karena dianggap lebih terlihat keren, tanpa melihat kualitas dan kebutuhan akan produk tersebut. Penggunaan produk dalam negeri memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu membantu industri dalam negeri untuk lebih maju dan mampu bersaing di kancah internasional. Selain itu penggunaan produk dalam negeri mampu meningkatkan perekonomian negara

  • Aktif dalam kegiatan lomba atau pentas seni budaya.

Salah satu implementasi dari rasa cinta tanah air adalah aktif dalam kegiatan positif seperti lomba dan ikut serta dalam pentas budaya. Hal ini perlu ditanamkan pada generasi muda sejak dini agar memiliki sikap produktif dan pantang menyerah. Mengikuti perlombaan memiliki berbagai macam manfaat salah satunya adalah mampu mengharumkan nama bangsa, apabila perlombaan tersebut dilaksanakan di tingkat Internasional, dan sebagai jalan agar nama Indonesia lebih dikenal di kancah internasional sebagai bangsa yang hebat dan besar.

Tulisan ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Bela Negara,

Nama               : Ilham Abdullah Sidiq

NPT                 : 21.21.0016

Prodi               : Klimatologi 1

Nama Dosen   : Fendi Arifianto, M.Si.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline