Lihat ke Halaman Asli

Tsunami Aceh dan Memori 2004

Diperbarui: 11 Maret 2023   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Detik.com

Tsunami Aceh adalah salah satu bencana terbesar di Indonesia tsunami merupakan air besar yang diakibatkan oleh gangguan di dasar laut serta gempa bumi gelombang yang menyebar ke segala arah dengan kecepatan gelombang 600 - 900 km/jam. tsunami Aceh terjadi pada 26 Desember 2004

Kejadian ini terjadi pada hari Minggu gelombang tsunami menerpa sejumlah aspek sisiran Aceh ada 16 negara yang terkena dampak akibat gempa ini tsunami ini mendapatkan beberapa wilayah di lain yang di sebelah timur Aceh. tsunami Aceh ini telah memakan korban sebanyak 173.741 jiwa meninggal dan 394.539 mengungsi dan menyebabkan 26 puskesmas, 9 pelabuhan dan 230 kilometer jalan rusak berat.

Sehari setelah kejadian tersebut persatuan bangsa-bangsa atau PBB menyatakan bahwa bencana alam ini adalah bencana sebagai bencana kesatuan terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. bantuan internasional pun berdatangan untuk menolong masyarakat yang terkena tsunami Aceh termasuk pesawat militer dari Jerman hingga kapal induk militer Amerika Serikat didatangkan ke lokasi bencana PBB pada tanggal 4 Januari 2005.

Kita sebagai masyarakat harus bisa menambah wawasan dan juga edukasi terhadap bencana alam dan secara keilmuan kita harus adab terhadap fenomena alam baik itu resiko ataupun timbulnya bencana yang akan datang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline