Lihat ke Halaman Asli

Antivirus Konsumerisme

Diperbarui: 27 November 2023   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Belanja di  E-Commerce (Sumber gambar: Pixabay/PexeKonten)

"Di tengah kita menjalankan nilai-nilai hidup sederhana. Saat ini di hadapkan dengan virus konsumerisme."

Virus ini kian mewabah setelah hadirnya berbagai perkembangan teknologi. Setiap saat kita disuguhi oleh berbagai iming-iming, agar kita mau membelanjakan uang, sekalipun mungkin sebetulnya kita tidak sedang membutuhkannya.  Discount, flash sale, kupon gratis ongkir, adalah beberapa contoh kail yang diumpankan pada kita semua.

Peneliatian yang di lakukan oleh Djafarova, E., & Rushworth, C. 2017 mengatakan bahwa 41% Gen Z punya masalah impulsive buying (beli hal yang tidak di butuhkan). Padahal, hadirnya konsumerisme ini bukan tanpa membawa banyak akibat. Telah banyak kasus terjadi, setelah seseorang terbuai untuk menjadi lebih konsumtif. Ada orang yang berhutang sana sini, suami-istri yang bertengkar karena persoalan financial yang berantakan, ataupun mengambil uang dari orang lain secara paksa.

Sehingga jika kita tidak memiliki upaya pencegahan terhadap virus konsumerisme. Diri kitalah yang akan menjadi korban dari virus konsumerisme atau bahkan menjadi pelaku kejahatan dari virus konsumerisme ini. 

Untuk itu tulisan ini hadir bertujuan memberikan pemahaman penyebab dari seseorang terlena dengan virus konsumerisme dan bagaimana upaya pencegahan virus konsumerisme di era digitalisasi. ketika kita bisa mencegah virus konsumerisme maka terhindar dari permasalahan ekonomi, pengeluaran terkontrol dan tidak adanya beban keuangan yang besar setiap bulan bisa membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.

Penyebab kita sulit untuk menjalankan hidup sederhana:

  • Mudah tergoda dengan diskon
  • Membeli barang bukan karena kebutuhan, tapi beli karena keinginan
  • Tidak memiliki Financial planning yang baik dan konsisten  

Upaya Pencegahan virus konsumerisme

1.  Menjadi konsumen yang rasional dengan membeli barang karena kemampuan 

Dalam islam, Allah SWT tidak melarang adanya hutang. Namun tetap saja, seharusnya keputusan untuk berhutang adalah keputusan yang rasional dengan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan baik buruknya secara mendalam. 

Dalam Surat Al Baqarah ayat 282, menjelaskan tentang hutang piutang. Ayat tersebut menunjukkan untuk jangan pernah menganggap mudah perka berhutang. Berhutang bernilai baik jika memang itu adalah pilihan terakhir untuk bisa menyelesaikan masalah atau kebutuhan manusia, Namun juga bisa bernilai buruk jika banyak kemudhoratannya untuk diri sendiri. 

Bila kita terpaksa harus berhutang, Pastikan cicilan yang kita ambil tidak lebih dari 30% dari total pendapatan dan juga Jangan tunda untuk membayar cicilan. Dengan menyisihkan dari pendapatan untuk membayar cicilan dengan tepat waktu tiap bulannya. Berani mengambil keputusan berhutang, sudah seharusnya berani untuk bertanggung jawab.

2. Memiliki self awarnees di tengah virus konsumenrisme

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline