Lihat ke Halaman Asli

Jusman Dalle

TERVERIFIKASI

Praktisi ekonomi digital

Terbukti, Blogger Semakin Diminati di Era Digital

Diperbarui: 5 Oktober 2017   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : thegentlemanblogger.com

Sepuluh tahun yang lalu, blogger mungkin masih dipandang sebelah mata. Namun seiring ledakan teknologi informasi, blogger dilirik seksi. Terutama oleh pelaku industri, blog (blogger) adalah media yang kian diminati. Blog are great for public relations.

Blogger memiliki komunitas dan basis audiens yang solid juga luas. Tajam pada satu isu. Bahkan banyak blogger yang punya fans fanatik. Blog bertransformasi dari media curhat yang kita kenal di awal-awal kemunculannya menjadi media berpengaruh laiknya media mainstream.

Sebagai ilustrasi singkat, Vogue, majalah fashion kenamaan yang berusia lebih dari 100 tahun memiliki 16,8 juta pengikut di Instagram. Vogue mungkin merupakan majalah dengan pengaruh paling besar di media sosial. Tapi takhta itu kini dibayang-bayangi dengan munculnya blogger yang fokus di bidang fashion (fashion blogger). Para fashionista, telah punya rujukan baru menggantikan majalah. Yaitu beralih ke blogger macam Chiara Ferragni yang saat ini sukses menjaring lebih dari 10 juta follower di Instagram.

Maka betapa banyak aktivitas perusahaan terkait publisitas, kini dipercayakan kepada blogger. Mulai dari sekadar kegiatan seremonial seperti perayaan hari jadi perusahaan, hingga acara sakral seperti peluncuran produk baru. Selain undangan menghadiri event, cara ditempuh perusahaan menggadeng blogger semakin variatif. Termasuk dengan menggelar lomba.

Blog contest, salah satu cara menciptakan banyak konten di kanal-kanal digital (sumber : merdeka.com

Harus diakui, blogging menjelma menjadi sub industri tersendiri. Dunia kreatif laiknya industri penerbitan. Blog adalah penerbitan berbasis digital. Namun sayang, masih banyak blogger yang tidak menyadari hal tersebut. Misalnya sekadar menulis dengan tidak berpijak pada goal. Baik itu untuk tujuan membentuk brand selaku blogger di bidang tertentu, ataupun sebagai penulis.

Blogger bergerak maju kian adidaya. Dengan semakin kuatnya positioning blogger di mata pelaku industri, ini tentu saja jadi berkah tersendiri. Kabar baik yang mestinya berkonsekuensi positif bagi para blogger. Terutama terkait dengan potensi pendapatan dan profesi blogger di masa depan yang menjanjikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline