Lihat ke Halaman Asli

Mendidik Anak untuk Mandiri

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Mendidik anak bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, namun bukan berarti pekerjaan mendidik ini menjadi hal yang memberatkan. Berdasarkan penelitian dari beberapa ahli cara mendidik anak yang baik tersebut harus dimulai dari usia dini bahkan dimulai dari anak tersebut masih bayi sehingga perkembangannya akan menjadi utuh dan lebih bisa untuk diarahkan. Salah satu yang harus diarahkan sejak dini kepada anak adalah kemandirian.

Beberapa orang tua mengirimkan anaknya untuk kost dengan alasan agar anaknya bisa menjadi mandiri, karena dengan kost tentunya si anak akan mengerjakan segala pekerjaannya sendiri, memang betul anak itu akan muncul kemandirian akan tetapi keadaan jiwanya akan tidak sehat karena bisa dimungkinkan dia akan merasa terbuang.

Mendidik anak mandiri bukanlah dengan meninggalkan anak itu sendiri atau meninggalkannya dengan pengasuh lain. Kunci kemandirian anak berada pada orang tua, disiplin dan konsistensi kehadiran orangtua inilah yang menjadikan anak memiliki jiwa mandiri yang sesungguhnya, dimana kehadiran orang tua inilah yang akan menjadi pendorong dan pendukung si anak karena meraka akan merasa nyaman untuk melakukan pekerjaannya sendiri. Dengan kita mendapingi kita akan mengetahui saat mana mereka membutuhkan kita  dan sebelum mereka membuat pernyataan untuk kebutuhan pertolongan dari orang tua,  kita sudah bisa langsung menolongnya. Hal inilah yang akan membuat mereka mandiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline